Sabtu, 29 Sep 2018 10:09 WIB

Kalau Lowong, Antasari-Brigif Lewat Tol Desari di Bawah 10 Menit

Ridwan Arifin - detikOto
Tol Desari Foto: Lamhot Aritonang Tol Desari Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tol Depok - Antasari Seksi I yang menghubungkan Brigif dan Antasari resmi dibuka Presiden Joko Widodo pada Kamis, (27/09/2018). Memiliki panjang 5,8 km dengan 8 jalur siap melayani pengguna tol.

detikOto berkesempatan mencicipinya, Jumat (28/09/2018) siang, perjalanan dimulai dari Gerbang Tol Utama Cilandak yang bakal menjadi pusat transaksi Tol Desari.

Dalam pantauan detikOto jalan tol sudah terbilang mulus, saat berkendara pun tidak mengalami guncangan yang berarti. Waktu tempuh pertama di kecepatan 60 km/jam menuju Brigif menghabiskan waktu 10 menit. Dalam rentang waktu tersebut detikOto sempat berhenti sebanyak 4 kali untuk mengambil gambar dan mengamati jalan yang baru diresmikan Presiden Jokowi.



Tak terasa sudah sampai di depan perbatasan Jakarta Selatan dan Depok, kali Krukut menjadi batas wilayah dari kedua kota ini.

Apabila pengendara hendak ke Ciganjur bisa mengambil arah ke kiri. Namun bila bertujuan ke Cinere atau Gandul, pengendara bisa belok ke kanan.

Mobil yang dikendarai detikOto pun putar arah untuk menuju Antasari kembali. Dalam perjalanan kali ini detikOto tidak berhenti untuk memotret jalan tol, sampai di Gerbang Tol Utama Cilandak menghabiskan waktu kurang dari 5 menit pada kecepatan kendaraan di rentang kecepatan 40 - 60 km/jam, saat itu tol masih keadaan sepi karena belum dibuka untuk umum.

Untuk diketahui pelayanan transaksi seluruhnya akan menggunakan e-payment (non-tunai) yang bekerja sama dengan 4 operator, yakni BNI, BCA, BRI, dan Mandiri. Namun apabila mesin terjadi masalah sudah disiapkan pintu pembayaran transaksi lain.




Setelah diresmikan, Tol Desari akan disosialisasi terlebih dahulu dibuka tanpa tarif dengan minimum waktu seminggu. Apabila terdapat transaksi di Gerbang Cilandak Utama. transaksi itu untuk membayar Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang terintegrasi dengan Tol Desari. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed