Selasa, 25 Sep 2018 08:00 WIB

E-Class Pakai Listrik, Harganya Bisa Naik Rp 600 Juta

Rizki Pratama - detikOto
Mercedes-Benz EQ Foto: Rizki Pratama Mercedes-Benz EQ Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Mercedes-Benz siap mendatangkan mobil listrik pertama mereka ke Indonesia. Debut mobil listrik Mercedes-Benz tersebut akan dibuka dengan kehadiran Mercedes-Benz E350e Hybrid.

Meskipun saat ini regulasi impor mobil dan mobil listrik masih dalam tahap diskusi pihak Mercedes-Benz Indonesia akan tetap mendatangkan mobil tersebut terlepas dari bagaimana putusan akhir dari pemerintah.



"Kalau belum dapat regulasi kita tetap lanjut artinya ini menunjukkan komitmen kita ke depan. Tentu nanti hukum pasar akan berlaku kalau harga kurang pas maka volume mobil yang dijual akan dikurangi," demikian Deputy Director Marketing Communication PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Hari Arifianto di Jakarta.

Dengan pajak penghasilan yang berlaku saat ini mobil E-Class bertenaga listrik bakal mengalami peningkatan harga sebesar Rp 600 juta dari Rp 1,3 miliar menjadi Rp 1,9 miliar, mendekati harga mobil di kelas level atasnya seperti S-Class. "Penambahan itu gapnya cukup jauh sekali padahal ada S-Class dengan harga Rp 2,1 miliar," tambah Hari.



Mobil ramah lingkungan pertama dari Mercedes-Benz yang masuk ke Indonesia tersebut akan datang pada akhir semester 1 tahun 2019. "EQ masuk akhir semester satu, Kemungkinan e Class 350e tapi kami belum bisa memberikan informasi mengenai jumlah yang akan dipasarkan di sini.

Pemerintah dalam hal ini Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan pihaknya tengah mengusulkan penghapusan pajak penghasilan untuk mobil listrik.

"Kalau mobil listrik akan dibahas lagi, salah satunya charging station akan mendapat insentif, dan yang menyediakan juga itu akan sangat bagus untuk mendorong pengenalan mobil listrik. Kita mengusulkan mobil listrik tidak kena PPh," ujarnya.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed