Selasa, 26 Jun 2018 12:34 WIB

Laporan dari Jepang

Melihat Honda Freed Paling Gres di Jepang, Nggak Terlalu Boxy

Dina Rayanti - detikOto
Honda Freed Foto: Dina Rayanti Honda Freed Foto: Dina Rayanti
Tomamu - Honda telah meluncurkan Freed generasi terbaru pada akhir 2016 di Jepang. Namun, walaupun sempat menghadirkan Freed model lama, Honda masih enggan mendatangkan Freed terbaru ke Indonesia.

Di Jepang mobil bermodel kotak layaknya Freed masih laris manis. Saat berkunjung ke kota kecil di Tomamu, Hokkaido, mobil-mobil mungil dengan desain kotak seperti Freed masih banyak yang mengendarainya.



Freed terbaru ini memiliki desain yang berbeda dari versi lamanya. Hanya saja kalau melihatnya secara sekilas, kita masih bisa mengidentifikasi kalau mobil itu adalah Freed. Desainnya tidak terlalu boxy sih.

Di Jepang sendiri MPV ini ditawarkan dengan versi Freed standar dengan tiga baris kursi, Freed+ dua baris kursi dan Freed untuk kebutuhan khusus (bisa mengakomodasi penumpang dengan kursi roda). Total ada 16 tipe yang dijual.
Honda FreedHonda Freed Foto: Dina Rayanti

Di Jepang Freed dalam pilihan mesin bensin dan hybrid. Freed dengan mesin bensin menghadirkan mesin 1.5-liter direct injection DOHC i-VTEC, sementara versi hybrid menghadirkan 1.5-liter Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan SPORT HYBRID i-DCD (intelligent Dual-Clutch Drive).

Honda juga menyediakan pilihan penggerak roda depan atau penggerak semua roda (Four wheel drive) untuk versi mesin bensin maupun hybrid. Untuk transmisinya, Freed bensin menggunakan transmisi CVT dan Freed hybrid memanfaatkan transmisi DCT 7 percepatan.
Honda FreedHonda Freed Foto: Dina Rayanti

Freed bermesin bensin diklaim memiliki efisiensi bahan bakar 19 kilometer/liter. Dan versi hybrid diklaim mencapai 27,2 km/liter.

Interiornya, Honda menyebut bahwa mobil ini memiliki pengaturan tempat duduk serbaguna yang bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan. Dengan dua baris kursi, Freed+ hadir dengan ruang bagasi yang lebih luas. Honda memperkenalkan lantai rendah untuk ruang kargo pada Freed+.

Tapi buat Otolovers pencinta Freed masih harus bersabar ya. Honda sudah terang-terangan menolak untuk memboyong Freed terbaru ke Tanah Air karena penggemarnya sudah mulai menurun.

Nah kalau menurut Otolovers, Freed baru ini kece nggak? (/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com