Kamis, 17 Mei 2018 15:14 WIB

BMW Akan Sediakan Stasiun Pengisian Baterai Mobil Listrik

Ruly Kurniawan - detikOto
BMW i8 jajal SPLU PLN. Foto: Dok. PLN Distribusi Jakarta Raya BMW i8 jajal SPLU PLN. Foto: Dok. PLN Distribusi Jakarta Raya
Jakarta - Surat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk Presiden Republik Indonesia agar segera merealisasikan payung hukum kendaraan listrik bersama dengan insentifnya ditanggapi baik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). Berbincang kepada detikOto, PLN mengklaim sudah siap untuk menyebar Stasiun Pengisian Listrik Umum atau SPLU di berbagai tempat.

Bukan hanya PLN saja yang bergairah, pabrikan otomotif yang juga digandeng oleh PLN, BMW Group Indonesia tampak antusias. Bahkan produsen asal Jerman tersebut akan membangun SPLU berkualitas bersama PLN nantinya.



Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania beberapa waktu lalu mengatakan bahwa hal itu sedang tahap finalisasi. Dalam artian, masih sedang dikomunikasikan dengan PLN untuk menentukan lokasi dan spesifikasi strategis.

"Kita memang selalu berkolaborasi dengan PLN, bahkan bukan hanya transfer teknologi, kita juga memberikan sebuah BMW iWall Box untuk dipelajari oleh PLN," ujarnya saat berbincang bersama detikOto.

"Untuk ke depan kita akan menghadirkan kolaborasi lainnya seperti menyediakan SPLU di lokasi-lokasi strategis bersama PLN. Tapi rencananya masih difinalisasi, masih tahap berkomunikasi dengan PLN," lanjut Jodie.

Sebagai informasi, pada penghujung tahun 2017 lalu demi mempercepat penerapan kendaraan listrik di Indonesia, BMW Group Indonesia menyerahkan satu unit BMW i Wallbox untuk diteliti oleh PLN.

BMW i Wallbox charger adalah alat pengisian ulang baterai mobil listrik terbaru buatan BMW, yang akan dimiliki oleh setiap konsumen pemilik model BMW i. Pengoperasiannya menggunakan kartu RFID (Radio Frequency Identification) dan dapat berkomunikasi dengan kendaraan listrik untuk menyalurkan tenaga sebesar 7,4 kW dengan instalasi listrik 1 phase hingga 22kW dengan instalasi listrik 3 phase.



"Jadi setelah hari ini akan ada workshop, bersama dengan rekan-rekan internal PLN dengan menghadirkan ahli dari BMW Jerman. Di antaranya adalah ahli dari BMW i, ahli dari teknologi, maupun ahli untuk infrastruktur dan berbagi pengalaman yang sudah kita lakukan dengan negara lain," kata Jodie kepada wartawan di Jakarta, Kamis (14/12/2017) lalu.

"Dan juga apa sih yang dibutuhkan untuk bisa menghadirkan infrastruktur yang memadai bagi kendaraan listrik di Indonesia, itu yang akan kita share. Dimulai dengan pemberian BMW I Wall Box. Kita menyebutnya transfer teknologi, kita berikan teknologi dari BMW seperti ini, standar yang dibutuhkan kendaraan listrik BMW seperti ini, tipe chargernya seperti ini, spesifikasi, kompatibilitas, itu sangat penting. Perangkat ini bisa digunakan oleh PLN untuk apa pun, bisa dibongkar, dilihat teknologinya. Jadi memang akan digunakan untuk litbang PLN," kata Jodie lagi. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed