Senin, 30 Apr 2018 12:18 WIB

Laporan dari Spanyol

Keren, Mobil Listrik ini Pintunya Terbuka Seperti Kupu-kupu

Dadan Kuswaraharja - detikOto
BMW i8 Roadster, mobil listrik atap terbuka, pintunya seperti kupu-kupu. Foto: Dadan Kuswaraharja BMW i8 Roadster, mobil listrik atap terbuka, pintunya seperti kupu-kupu. Foto: Dadan Kuswaraharja
Palma de Mallorca - Seperti halnya tipe coupe (beratap tertutup), BMW menggunakan pintu gullwing pada i8 Roadster.

Hal ini sejalan dengan niatan BMW untuk membuat mobil BMW i8 Roadster tetap cantik sama seperti BMW i8 Coupe. Memang pintu gullwing ini merupakan salah satu faktor yang membuat BMW i8 terlihat wow.

Coba Otolovers bandingkan dengan mobil sport beratap terbuka lainnya. Tidak ada yang memiliki pintu yang bisa mengembang ke atas seperti sebuah kupu-kupu.



Rata-rata pintu mobil beratap terbuka yang dijual di pasaran saat ini pintunya terbuka normal ke samping seperti mobil biasa. Karena pintunya terbuka ke atas, maka pilar A mobil pun ikut terangkat ke atas.

BMW awalnya merahasiakan soal pintu ala kupu-kupu ini di masa-masa awal pengembangan i8 Roadster.



"Saya ingat saat mengendarai BMW i8 Roadster untuk pertama kalinya, kami harus mengubah kendaraan di tempat parkir rahasia karena tidak boleh ada orang yang melihat kalau kami mempertahankan pintu gullwing di mobil. Banyak yang percaya untuk membuka kendaraan dan mengubahnya menjadi roadster kita harus menggunakan pintu normal. Tapi kami dari awal mencoba mempertahankan gullwing door," ujar Kepala BMW i, sub brand BMW yang menangani penjualan mobil listrik i3 dan i8, Robert Irlinger seperti dilaporkan wartawan detikcom Dadan Kuswaraharja dari Palma de Mallorca, Spanyol, Senin (30/4/2018).

Atap mobil BMW i8 bisa dibuka atau ditutup dalam kecepatan maksimal 50 km per jam dalam 15 detik. Jika tiba-tiba kecepatan kendaraan bertambah maka mekanisme pembukaan atau penutupan atap akan terhenti otomatis. (ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com