Selasa, 20 Mar 2018 18:36 WIB

Awas, Beli Mobil di Importir Umum Tak Didukung BMW

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil BMW Foto: Rachman Haryanto Mobil BMW Foto: Rachman Haryanto
Surabaya - Mobil mewah Eropa seperti BMW model-model tertentu banyak yang beredar lewat Importir Umum (IU). Mobil dibawa dalam bentuk utuh dan biasanya mendapatkan kendaraan dengan fitur yang sama seperti di negara kelahiran kendaraan tersebut.

Tapi pernah terpikirkan tidak, saat kendaraan yang Otolovers beli di IU mengalami masalah? Kemana para konsumen bisa mengadu? Serta bagaimana dengan suku cadang kendaraan tersebut?

Ini yang membuat pabrikan asal Jerman, BMW, tidak bisa mendukung konsumen membeli kendaraan melalui IU. Karena menurut BMW, kendaraan yang terdapat di IU memang belum disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Jodie juga menjelaskan, importir umum belum tentu bisa mendukung penjualan after sales BMW Group Indonesia.

"Bisa mendukung after sales? Tidak juga. Kalau yang bisa kita dukung itu paling konsumen-nya. Kalau terjadi apa-apa pada BMW yang mereka beli pada IU, tidak mungkin kita bilang, kita tidak bisa membantu jika terjadi apa-apa. Kita (BMW Indonesia) tidak bisa mengatakan, kita tidak bisa membantu untuk menangani masalah yang dihadapi para pemilik BMW. Pasti BMW Indonesia akan coba membantu menanganinya," ujar Vice President Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania, di Surabaya.

"Ada beberapa kejadian konsumen membeli unit (BMW) dari IU, tapi karena tidak ada emergency contact, akhirnya mereka menghubungi diler BMW Indonesia. Kita bisa membantu konsumen, Karena kalau sudah ada di tangan konsumen, ini akan bukan lagi IU-nya yang dibicarakan, melainkan konsumen BMW. Tapi yang pasti kita tidak akan dukung kegiatan importir umum," tambah Jodie. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed