Kamis, 08 Mar 2018 10:46 WIB

Kenapa Mobil Diesel Keluarkan Asap Warna Hitam?

Dina Rayanti - detikOto
Asap knalpot kendaraan. Foto: Ari Saputra Asap knalpot kendaraan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Asap hitam identik dengan kendaraan berbahan bakar diesel. Tapi tak semua asap hitam berasal dari mesin diesel. Mesin diesel yang mengeluarkan asap hitam biasanya tidak dirawat dengan baik.

Mengutip Drivespark, Kamis (8/3/2018), asap hitam yang muncul dari knalpot mobil merupakan bahan bakar diesel yang tidak terbakar sempurna. Mesin diesel bekerja dengan prinsip kompresi pengapian. Bahan bakar diesel yang masuk ke dalam silinder itu berperan dalam pembakaran bahan bakar.



Saat bahan bakar diesel masuk ke dalam silinder dan masih bersisa sehingga tidak terbakar, ia keluar melalui knalpot dengan warna hitamnya. Namun itu semua bisa dicegah asalkan kita rajin merawat kendaraan.

Ada juga beberapa faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel mengeluarkan asap berwarna hitam. Misalnya seperti rasio udara yang tidak seimbang antara bahan bakar dan bahan bakar, injektor mesin diesel tersumbat, sistem intake udara terhambat, pipa tersumbat, bahan bakar yang terkontaminasi, hingga melakukan modifikasi.



Modifikasi bisa menjadi salah satu alasan asap hitam keluar dari mobil. Itu karena biasanya mereka memodifikasi mobil agar mendapatkan tenaga yang besar. Tenaga besar hasil pengaturan tangan manusia ini juga memicu timbulnya asap hitam karena mendorong lebih banyak bahan bakar masuk ke silinder sehingga asap yang keluar juga berlebihan.



Mesin diesel memang lebih disukai karena ketangguhannya serta torsi besar. Tapi tetap harus memerlukan perawatan berkala yang rutin dilakukan si pemilik mobil.

Jadi jangan mengatakan mesin diesel itu kotor, karena kalau dirawat dengan baik mobil diesel sama halnya dengan mobil berbahan bakar bensin. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed