Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 30 Oktober 2017, 17:23 WIB

Laporan dari Jepang

Tahun 2020, Jalan Tol Dihiasi Mobil Toyota yang Bisa Jalan Sendiri

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Tahun 2020, Jalan Tol Dihiasi Mobil Toyota yang Bisa Jalan Sendiri Foto: Toyota
Yokohama - Tahun 2020 akan menjadi langkah besar bagi Toyota untuk menghadirkan kendaraan masa depan. Salah satunya adalah mobil yang bisa jalan sendiri, atau biasa disebut teknologi automated driving (mobil tanpa sopir).

Beberapa konsep mobil tanpa sopir Toyota dan Lexus dipamerkan di Tokyo Motor Show. Menurut Kiyotaka Ise, Chief Safety Technology Officer Toyota Motor Corporation, tujuan pengembangan Toyota saat ini adalah fitur Highway Teammate yang akan diperkenalkan pada 2020.

"Highway Teammate memungkinkan aktifnya automated driving di jalan tol dari pintu masuk tol sampai pintu keluar tol. Sistem akan memberikan saran kepada pengemudi dan secara otomatis melakukan apa yang disarankan itu. Saran tersebut bisa berupa keluar jalan tol, menyalip kendaraan lain, atau hanya berpindah jalur," jelas Ise saat presentasi soal teknologi maju dari Toyota seperti dilaporkan reporter detikOto Rangga Rahadiansyah dari Pasifico Yokohama, Jepang.

Sistem itu akan masuk ke mobil otonom level 2 yaitu otomatisasi parsial. Sistem akan berkolaborasi dengan pengemudi, bukan hanya berjalan secara otomatis.

Tahun 2020, Jalan Tol Dihiasi Mobil Toyota yang Bisa Jalan SendiriFoto: Dadan Kuswaraharja


"Fitur lainnya dari Highway Teammate adalah Over the Air Update atau OTA yang akan meng-update mobil lewat telekomunikasi. Mengingat perkembangan teknis yang potensial, Toyota akan mengupdate software, termasuk perluasan area layanan dan fungsi, pada waktu yang tepat. Selanjutnya, dengan fungsi pengenal kondisi pengemudi, kami akan mengembangkan mobil yang bisa Anda kendarai lebih aman dan ramah," ujar Ise.

Selanjutnya, kata Ise, pada awal 2020-an, Toyota akan memperkenalkan Urban Teammate atau UT yang lebih canggih dari Highway Teammate. UT dirancang untuk bisa berjalan otomatis di jalan perkotaan juga.

"Kami akan mengarahkan (mobil otonom) Level 4 saat itu. Dan pada saat itu, kami akan mengenalkan konsep Chauffeur dan Guardian," ucap Ise. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed