Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 14 April 2017, 10:23 WIB

Hybrid Mahal, Indonesia Lebih Cocok Pakai CNG dan Euro4

Dina Rayanti - detikOto
Hybrid Mahal, Indonesia Lebih Cocok Pakai CNG dan Euro4 Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Dalam rangka mewujudkan emisi gas buang yang rendah seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam konferensi perubahan iklim di Paris tahun lalu, pemerintah kini sedang mencanangkan aturan soal kendaraan rendah emisi lewat Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

Hal itu disambut baik oleh salah satu produsen mobil PT Toyota Astra Motor (TAM). Pihak TAM mengatakan Toyota sudah mulai memasarkan produk ramah lingkungannya lewat mobil bertenaga hybrid.

"Seperti saya bilang, kayak Prius sendiri kan udah nomor satu penjualan nya dan sudah 10 juta unit terjual, kemudian pemerintah menunjukkan itikat baik untuk hybrid bisa berjualan, lebih banyak, supaya lebih bagus lagi untuk emission control dan fuel efisiensi. Secara teknologi Toyota sudah punya makanya kami bawa Alphard dan Camry untuk showing dan kami menjelaskan apa itu konsep hybrid," terang Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta.

Namun Soerjo menambahkan yang saat ini paling cocok untuk keadaan di Indonesia bukanlah mobil hybrid, melainkan mobil yang telah berstandar Euro4 serta yang berbahan bakar Compressed Natural Gas (CNG).

"Saat ini saya bicarakan untuk Toyota aja ya Euro4 dan CNG karena costnya tidak terlalu mahal. Kalau hybrid masih mahal karena ada R and D, terus kemudian paling mahal dan sering goverment tanya termasuk saat kemarin ketemu dengan Pak Jusuf Kalla dan Pak Jokowi, yakni elektric car," tambah Soerjo. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed