Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 23 Mar 2017, 09:51 WIB

Datsun Risers Expedition

Datsun Selesaikan Ekspedisi Terakhir di Sulawesi Selatan

Muhammad Nur Abdurrahman - detikOto
Datsun Selesaikan Ekspedisi Terakhir di Sulawesi Selatan Foto: Muhammad Ridho
Makassar - DatsunRisersExpedition (DRE) 2 menyelesaikan etape terakhirnya di Sulawesi Selatan, setelah mengeksplorasi keindahan alam dan kekayaan budaya selama 3 hari (20-23/3/2017) di beberapa lokasi di Makassar, Maros dan Bulukumba. Jarak yang ditempuh kali ini mencapai sekitar 600 kilometer.

Sebelum di Makassar, ekspedisi DRE 2 digelar di Nanggroe Aceh Darussalam, Lampung, Jawa Timur (Malang), dan Jawa Barat (Cirebon).

Sebanyak 14 mobil Datsun Go yang digunakan 12 orang Risers dari seluruh Indonesia bersama rombongan jurnalis yang diundang khusus Datsun Indonesia, pada hari pertama, Senin (20/3), mendatangi lokasi taman bebatuan kars di Rammang-rammang, lalu melintasi Taman Purbakala Leang-leang sebelum sampai di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Kab. Maros, yang ditempuh dengan jarak kurang lebih 100 kilometer dari Makassar.

Pada hari kedua, Selasa (21/3), para Risers yang dipandu tim teknis dari Datsun Indonesia langsung melanjutkan ekspedisi ke Tanjung Bira, di Kab. Bulukumba, yang berjarak sekitar 193 Km atau waktu tempuh sekitar 5 jam berkendara dari Makassar.

Sampai di Pantai Bira, para Risers tidak berlama-lama dan langsung diajak menyeberang menggunakan perahu ke Pulau Liukang Loe, untuk melihat penangkaran penyu dan keindahan terumbu karang di taman bawah air pulau Liukang.

Datsun Selesaikan Ekspedisi Terakhir di Sulawesi SelatanFoto: Muhammad Ridho


Menginap semalam di hotel Same Resort di Pantai Bira, para Risers melanjutkan ekspedisi ke daerah terpencil Bulukumba di kampung Tokala, Desa Darubiah Kec. Bonto Bahari, untuk memberikan bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa SDN Inpres 169 Tokala.


Datsun Selesaikan Ekspedisi Terakhir di Sulawesi SelatanFoto: Muhammad Nur Abdurrahman




Saat menuju Kampung Tokala, para risers harus melalui jalan yang menanjak dengan sajian pemandangan lautan di samping jalan. Setelah itu, para risers harus melalui jalan tanah dan berbatu sebelum sampai di SDN Tokala. Di medan tersebut, para risers menguji ketangguhan Datsun di medan offroad.

Usai mengunjungi SDN Inpres 169 Tokala untuk memberi bantuan dan menebar inspirasi bagi para siswa Tokala, para Risers mendapat pengalaman baru dengan menyaksikan secara langsung proses pembuatan Kapal Layar Phinisi di galangan kapal milik Haji Ully di Kelurahan Tana Lemo, Kec. Bonto Bahari.

Setelah makan siang dan beristirahat sejenak di Pantai Bira, para Risers kemudian melanjutkan perjalanannya untuk kembali ke Makassar, dengan melalui beberapa lokasi di wilayah pesisir Sulawesi Selatan, yaitu Kab. Bantaeng, Kab. Jeneponto, Kab. Takalar dan Kab. Gowa. Di perjalanan ini, para Risers menguji kehandalan dan akselerasi mesin Datsun Go di jalan beraspal dan jalan berlubang.

Menurut Umrah, risers asal Makassar, akselerasi mesin dan handling Datsun Go bisa diandalkan saat melakukan perjalanan jauh.

"Saat melewati jalan rusak, suspensi Datsun terasa lembut, maupun ketika dipacu, proses perpindahan transmisi tanpa hambatan," pungkas risers yang masih berstatus mahasiswa di kampus Univ. Muhammadiyah Makassar ini.

Datsun Selesaikan Ekspedisi Terakhir di Sulawesi SelatanFoto: Muhammad Nur Abdurrahman


Para risers dan rombongan tiba dengan selamat di Makassar sekitar pukul 21.00 Wita, Rabu (23/3/2017), para risers langsung mengikuti acara penutupan DRE 2 etape Sulsel, di restoran Grind & Pull di jalan Andi Mappanyukki, Makassar. Di acara ini para risers dan jurnalis yang beruntung mendapat sejumlah hadiah gadget adventouring.

Datsun Selesaikan Ekspedisi Terakhir di Sulawesi SelatanFoto: Muhammad Ridho
Head of Marketing Datsun Indonesia, Christian Gandawinata yang juga ikut dalam rombongan DRE 2 berharap para risers dan para jurnalis yang ikut dalam eksepedisi DRE 2 bisa mendapat inspirasi dari nilai-nilai kearifan dan pahlawan lokal dari daerah yang dikunjunginya.

"Di ekspedisi berikutnya kami akan meramu sebaik-baiknya, yang lebih fresh dari sebelumnya, masukan para risers sangat penting karena mereka dapat mewakili konsumen Datsun," tutup Christian.

(mna/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed