Senin, 17 Agu 2020 17:59 WIB

HUT RI di Tengah Pandemi COVID-19, Pegiat Modifikasi Upacara Bermobil

Arif Syaefudin - detikOto
Upacara Bendera Komunitas Mobil Foto: Arif Syaefudin/detikOto
Rembang -

Para penggiat modifikasi mobil di Kabupaten Rembang yang tergabung dalam Relations Club, memiliki cara tersendiri dalam menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun di tengah pandemiCOVID-19. Mereka menggelar upacara bendera namun dengan memakai mobil.

Ketua Relations Club, Ikhwan Ari Santosa mengatakan, kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian para pemuda, utamanya para pecinta modifikasi mobil untuk mengenang jasa para pahlawan merebut kemerdekaan.

"Di tengah pandemi COVID ini memang kemudian upacara kemerdakaan rutinan tiap tahun kemudian ditiadakan. Maka dari itu, kami menggelar upacara kecil-kecilan secara singkat, namun bermobil," kata Ikhwan kepada wartawan, Senin (17/8/2020).

Upacara diikuti oleh sebanyak 20 mobil. Berjejer secara rapih di sebelah utara alun-alun kota Rembang. Kemudian pada pemilik sekaligus pengendara mobil, berdiri di samping mobil masing-masing. Setiap anggotanya, mengibarkan bendera berukuran kecil sendiri-sendiri.

"Dengan demikian kami berharap agar bisa menjadikan contoh. Tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tidak menanggalkan apa yang sudah menjadi tradisi tahunan ini. Ada sebanyak 20 mobil dan ownernya. Upacara di samping mobil masing-masing, bermasker, dan pastinya dengan demikian jaga jarak kan," paparnya.

Usai menggelar upacara di Alun-alun kota Rembang, puluhan mobil modifikasi ini kemudian melakukan konvoi kemerdekaan. Mengelilingi jalur protokol wilayah kota Rembang sembari mengibarkan bendera di sepanjang rute perjalanan.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Rembang Aiptu Hartono menyambut baik atas kegiatan yang dilaksanakan para pecinta otomotif kali ini. Menurutnya, komunitas tersebut bisa menjadi contoh.

"Ini teman-teman dari Relations Club yakni mobil modifikasi, bisa menjadikan contoh bagi masyarakat lain. Bahwa sebenarnya modifikasi itu bisa sesuai aturan, seperti mereka ini. Menjadikan mereka pelopor keselamatan berlalu lintas, sehingga ini kami kukuhkan komunitas ini," katanya.



Simak Video "Komunitas Mobil, Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com