Minggu, 28 Jul 2019 16:51 WIB

Harga Baterai Mobil Listrik Ratusan Juta, Begini Tipsnya Biar Awet

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil listrik. Foto: Toyota Mobil listrik. Foto: Toyota
Tangerang - Indonesia sedang menuju era elektrifikasi kendaraan elektrik. Sebagai langkah awal, beberapa pabrikan sudah menjual kendaraan dengan sentuhan tenaga listrik seperti hybrid dan plug-in hybrid. Salah satunya adalah Mitsubishi yang sudah menjual Outlander PHEV.

Sebagai kendaraan elektrik, tantangannya adalah kondisi baterai. Kondisi baterai tidak bisa terus-menerus dalam kesehatan 100%. Sewaktu-waktu, kesehatan baterai bisa berkurang.


Head of Technical Service & CS Support Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Irwansyah Siregar, mengatakan berdasarkan informasi dari prinsipal Mitsubishi di Jepang, baterai Outlander PHEV bisa tahan sampai 10 tahun. Itu pun berbeda-beda, bisa lebih cepat tergantung cara pemakaian, suhu dan sebagainya.

Irwansyah memberikan tips agar baterai kendaraan elektrik lebih awet. Salah satunya adalah jangan terlalu sering menggunakan fasilitas pengisian cepat atau quick charger.

"Memang yang dianjurkan itu untuk me-maintain baterai adalah normal charging, yaitu dicas semalaman dibanding quick charge," kata Irwansyah di arena GIIAS 2019 di ICE, BSD, Tangerang, Kamis (25/7/2019).

Fasilitas quick charger itu memang dibutuhkan jika sewaktu-waktu mobil listrik habis baterainya. Namun, pemilik mobil listrik disarankan agar memakai quick charger tidak terlalu sering.

"Jadi quick charge itu bisa digunakan kalau dalam perjalanan jauh dan ada quick charger station di jalan itu silakan. Tapi memang rekomendasi terbaiknya normal charging di rumah supaya lifetime baterai terjaga dengan baik," sebutnya.


Soalnya, kalau baterai rusak penggantiannya cukup mahal. Kata Irwansyah, penggantian baterai Outlander PHEV tembus Rp 200 juta.

"Kira-kira Rp 200 juta termasuk jasa. Pemasangannya kira-kira setengah hari sampai satu hari, karena cukup kompleks konstruksinya," sebut Irwansyah.

Simak Video " Keren! Kursi Mobil Ini Fleksibel Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com