ADVERTISEMENT

Nggak Ada Akhlak, Pemotor Terobos Acara Tahlilan sampai Lindas Makanan

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 16 Jul 2022 09:06 WIB
Motor nyelonong acara tahlilan dan lindas sajian makanan
Motor nyelonong di acara tahlilan (Foto: Tangkapan layar video viral/Instagram @merekamjakarta)
Jakarta -

Viral potongan video pemotor nyelonong melintas di tengah-tengah acara tahlilan. Warganet terheran-heran, sampai bilang si pengendara itu tak punya adab.

Dalam video viral berdurasi 53 detik yang diunggah pada akun instagram @merekamjakarta, terlihat warga yang mayoritas berpeci sedang berkumpul duduk lesehan berbaris. Terlihat mereka tengah menggelar Tahlilan.

Belakangan diketahui kalau tahlilan tersebut digelar di jalanan gang. Menurut ketua RW setempat, warganya sudah terbiasa menggelar tahlilan di gang jalan.

Sejurus kemudian muncul pemotor dengan motor matic melewati warga yang tengah duduk. Dia menorobos lewat jalur tengah, pemotor itu juga melindas sajian makanan yang berada di tengah.

Netizen pun geram, beberapa di antaranya mempertanyakan kenapa pemotor itu bisa nyelonong masuk ke acara tahlilan.

"Gapunya adab," komen @danu***

"Ga ada akhlak," timpal @arya***

Usut punya usut peristiwa pemotor yang melindas sajian makanan di atas karpet pada acara tahlilan itu terjadi di Jalan Terogong 3, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Dikutip detikNews, Kapolsek Cilandak, Kompol Multazam mengatakan kejadian itu terjadi pada Selasa (12/7) pukul 20.00 WIB saat warga menggelar tahlilan. Ternyata pemotor dalam keadaan mabuk.

"Pulang mabuk bersama teman-teman kampusnya," kata Multazam kepada wartawan, Jumat (15/7/2022).

Pria bermotor itu hendak pulang ke rumahnya setelah mabuk bersama teman-temannya. "Salah satu kampus swasta di Jagakarsa. Mereka bertetangga," katanya.

Polisi bersama Ketua RW setempat langsung melakukan mediasi. Insiden itu kemudian diselesaikan secara kekeluargaan.

"Dimediasi oleh Ketua RW setempat di Polsek Cilandak. Selesai secara kekeluargaan di kantor polsek," kata Multazam.

Sebagai informasi, berkendara dalam kondisi mabuk termasuk dalam Impaired Driving atau gangguan mengemudi. Impaired driving memiliki ciri pada menurunnya indera penglihatan dan berkurangnya konsentrasi.

"Kondisi mengemudi di bawah pengaruh alkohol (miras) bahkan obat-obatan, akan punya ciri penglihatan kurang, sulit konsentrasi serta refleks sangat buruk," kata Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian

Menurutnya, ketika pengendara berada di bawah pengaruh alkohol, reaksi motorik akan menurun. Lambatnya reaksi akan menentukan apakah pengemudi siap menghindari bahaya yang ada di depannya. Belum lagi apabila kadar alkohol dalam tubuh sudah berlebihan dapat menimbulkan halusinasi.

"Akibat minuman alkohol 13% reaksi terhambat," kata Reza.



Simak Video "Cuitan Viral Cek Fisik Kendaraan Bayar Rp 30 ribu, Bikin Polisi Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT