ADVERTISEMENT

Toyota Corolla Milik Petinggi Taliban Diangkat dari Kubur

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 14 Jul 2022 21:21 WIB
The white Toyota Corolla was buried in a village garden in Zabul province by Taliban official Abdul Jabbar Omari, who ordered it to be dug up this week. In this undated handout picture released by Taliban media officials on July 7, 2022, Taliban members dig up a Toyota Corolla, used by Taliban founder Mullah Omar to escape being targetted by US forces after 9/11, at Omrazai village in Seyora district of Zabul province.. Photo: Taliban media officials/AFP
Toyota Corolla Foto: Taliban media officials/AFP
Jakarta -

Toyota Corolla putih yang terkubur sejak tahun 2001 kembali diangkat. Mobil yang terpendam selama lebih dari dua dekade itu milik pendiri Taliban, mendiang Mullah Omar.

Dikutip dari AFP, Kamis (14/7/2022) Toyota Corolla putih itu merupakan mobil yang digunakan Mullah Omar saat melarikan diri dari kejaran pasukan Amerika Serikat setelah serangan 11 September 2001.

Mobil itu kemudian dikubur di sebuah taman pedesaan di Provinsi Zabul oleh eks pejabat Taliban, Abdul Jabbar Omari. Dia pun memerintahkan kembali untuk menggali mobil tersebut.

"Kondisinya masih bagus, hanya bagian depannya yang sedikit rusak," tutur Direktur Informasi dan Budaya Provinsi Zabul, Rahmatullah Hammad, kepada AFP.

Corolla itu dikatakan hanya mengalami kerusakan pada kaca spion samping karena benturan fisik. Sementara lapisan plastik luar membuat mobil ini lebih aman dari korosi dimakan usia.

"Kendaraan ini dikuburkan oleh mujahidin sebagai memorial untuk Omar pada tahun 2001 agar tidak hilang," imbuhnya.

Ditambahkan Hammad, Taliban sekarang ingin mobil itu dipajang di museum nasional di ibu kota Kabul sebagai 'monumen bersejarah yang agung'.

Anas Haqqani, seorang pemimpin Taliban, mendesak di Twitter agar kendaraan itu ditempatkan di Museum Nasional Afghanistan di Kabul.

Toyota Corolla milik petinggi Taliban itu bukan bergaya sedan, melainkan station wagon. Ciri khasnya tentu saja dari buntut belakang yang lebih panjang, sehingga ruang bagasi lebih luas dari hatchback.



Simak Video "Cuitan Viral Cek Fisik Kendaraan Bayar Rp 30 ribu, Bikin Polisi Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT