ADVERTISEMENT

Viral Klub Mobil Blokade Tol, Netizen: Kirain Klub Lamborghini, Ternyata Mobil Cicilan Rp 3 Juta

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Senin, 11 Apr 2022 14:15 WIB
Komunitas mobil blokade tol Soroja
Komunitas mobil blokade Tol Soroja Foto: Pool (Twitter/cakBandeng82)
Jakarta -

Lagi dan lagi ada saja ditemukan perilaku pengendara yang kerap membuat geram dan malu kita sebagai pengendara. Seperti yang tengah ramai di media sosial, yang menunjukkan sebuah video komunitas mobil yang memblokade salah satu ruas jalan tol. Alhasil, kejadian ini membuat resah pengendara lainnya.

Video ini awalnya diunggah oleh pemilik akun @CakBandeng82 di Twitter. Dalam video tersebut menampilkan puluhan mobil tengah memenuhi ruas jalan tol. Diketahui jalan tol tersebut adalah Soreang-Pasir Koja (Tol Soroja), Bandung, Jawa Barat.

Dalam video tersebut awalnya menampilkan belasan kendaraan tengah terjebak macet di ruas jalan tol. Kendaraan pun harus melaju perlahan dan mengambil sisi jalur kanan, sebab di jalur kiri dipadati oleh mobil yang tengah berhenti.

Rupanya, kemacetan di tol tersebut disebabkan oleh aksi sekelompok komunitas mobil yang sengaja memblokir akses jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja). Para pengendara tersebut memarkirkan kendaraannya hingga ke tengah jalan tol.

Tak hanya memblokade, pengendara ini juga sengaja memamerkan kendaraan hingga menggeber mobilnya. Hal ini membuat suasana di sekitar menjadi berisik dan mengganggu pendengaran, soalnya knalpot mobil tersebut telah diganti menggunakan model balap yang bising.

"Adek-adek ini pastinya berpendidikan, di sekolahin juga biar pintar, bikin komunitas mbok yo yang bermartabat, punya kualitas dan berkelas gitu lho," tulis pemilik akun @CakBandeng82 dalam cuitannya.



Jika melihat dari video yang viral tersebut, diketahui komunitas mobil tersebut didominasi oleh mobil Honda Brio. Sejumlah mobil juga sudah mendapatkan modifikasi mulai dari knalpot, velg, lampu, hingga penambahan grafis di body mobil agar terlihat seperti mobil balap.

Video klub mobil memblokade jalan tol ini kemudian mendapat tanggapan dari sejumlah netizen. Banyak di antara warganet yang menyesalkan aksi tersebut, bahkan ada juga yang menyindir.

"Tak kirain club mobil lamborghini, ternyata mobil cicilan 3 juta," kata pemilik akun @ArindraVisnu

"Golongan kalau hujan atap mobil kayak suara asbes gini nih," ujar pemilik akun @ekcpta

"Ada-ada aja komunitas mobil kredit," ujar pemilik akun @lagidirumah

Mobil Nggak Bisa Berhenti Sembarangan di Jalan Tol, Ada Aturannya

Komunitas mobil tersebut dengan sengaja berhenti di jalan tol hingga memblokade jalan hanya untuk pamer kendaraan mereka. Padahal, sudah ada peraturan yang menaungi hal tersebut.

Dalam PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, disebutkan kendaraan dilarang berhenti di jalan tol. Hal itu tertuang pada Pasal 41.

"Tidak digunakan untuk berhenti," demikian isi PP 5/2005 itu.

Adapun dalam Pasal 41 dijelaskan bahu jalan tol diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat. Namun tidak digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan.

Sementara itu, dijelaskan bahwa jalan tol untuk lalu lintas antar kota didesain dengan batas kecepatan paling rendah 80 kilometer per jam. Sementara jalan tol wilayah perkotaan didesain dengan kecepatan paling rendah 60 kilometer per jam.

(Halaman kedua soal batas kecepatan kendaraan di jalan Tol)



Simak Video "Berkenalan dengan 'Papa Viral' Si Bapak Ketahuan Merokok"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT