Viral Klub Mobil Tutup Jalur Darurat di Tol Demi Foto-Foto

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 25 Jan 2022 14:47 WIB
Mobil mewah berhenti di pinggir jalan tol buat foto-foto
Kelakuan rombongan mobil berhenti di tol demi konten Foto: Facebook FCCM FC Club
Seremban -

Rombongan klub mobil asal Malaysia baru-baru ini viral lantaran melanggar aturan penggunaan bahu jalan tol. Kelompok yang berjumlah sekitar 48 mobil itu memicu aksi berbahaya dengan berjejer parkir di jalur darurat untuk mengambil foto.

Peristiwa ini terjadi di jalan Tol Temiang - Pantai yang terletak di Seremban, Malaysia. Jalur tersebut dikenal karena keindahan pemandangannya, namun aksi rombongan mobil yang parkir demi konten pada jalur darurat tidak bisa dibenarkan.

Kepala Polisi Nilai, Inspektur Mohd Fazley Ab Rahman mengatakan berdasarkan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Malaysia tidak ada kendaraan yang boleh berhenti di jalur tersebut kecuali dalam kasus yang sifatnya darurat.

Mobil mewah berhenti di pinggir jalan tol buat foto-fotoMobil mewah berhenti di pinggir jalan tol buat foto-foto Foto: Facebook FCCM FC Club

"Ini berbahaya dan harus dihentikan," katanya seperti dikutip dari Thestar, Selasa (25/1/2022).

Mohd Fazley mengatakan pelanggaran tersebut dapat dihukum dengan denda hingga RM2.000 (Rp 6,8 jutaan) atau penjara maksimal enam bulan.

Dalam potongan video tersaji mobil berbaris rapi pada sisi kiri dan kanan bahu jalan. Sementara lajur tengah kosong. Foto-foto tersebut sebelumnya diunggah ke media sosial, namun postingannya sudah tidak ditemukan. Beberapa warganet menyesalkan dengan adanya kelakuan para pemobil tersebut.

"Mudah-mudahan PDRM akan memanggil orang-orang ini dan membiarkan mereka tidur di penjara. Mereka membuat seolah-olah tidak ada hukum di Malaysia."

"Apakah tidak ada tempat lain untuk berhenti dengan aman untuk kegiatan semacam ini? Low Intellect."

Dia tidak menampik jalur itu menawarkan keindahan sehingga banyak orang berhenti dan berfoto di sana meskipun berbahaya. Saat ini pihaknya akan memanggil ketua klub mobil tersebut lebih dulu.

"Sebagai permulaan kami akan memanggil ketua klub terlebih dahulu, kami telah mengidentifikasi 48 mobil sejauh ini. Menghentikan dan memarkir kendaraan di jalur darurat tanpa alasan yang masuk akal adalah pelanggaran karena dapat membahayakan pengguna jalan lain," terang dia.



Simak Video "Kompolnas soal Mobil Pelat 'RF' Pakai Rotator: Tidak Ada Prioritas!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)