ADVERTISEMENT

Viral Masak Mie Instan Campur Es Krim Dalam Mobil Pakai Kompor Portable, Memangnya Aman?

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 15 Jan 2022 08:18 WIB
Making food on camping stove in nature, from fresh ingredients.
Ilustrasi memasak menggunakan kompor portabel di kendaraan (Getty Images/visualspace)
Jakarta -

Belum lama ini viral di media sosial di mana seorang food vlogger membuat konten memasak mie instan di dalam mobil. Menyalakan api kompor portable dalam kabin mobil memangnya aman?

Sebuah video yang diunggah oleh pemilik akun TikTok Henji Wong @henjiwong menampilkan konten memasak mie instan dicampur es krim di dalam mobil. Pada awal video, dirinya memasuki salah satu restoran cepat saji lalu menuju ke area drive thru dengan mengendarai mobil, dia lantas memesan es krim.

Setelah itu, mobil tersebut diparkir dan ia mempersiapkan alat dan bahan seperti kompor portable, mie instan, dan es krim yang baru dibeli. Konten tersebut awalnya menampilkan proses Henji Wong memasak mie instan dicampur dengan es krim, namun lokasi memasaknya justru jadi perhatian netizen.

Soalnya, ia kedapatan memasak mie instan di dalam mobil dengan menggunakan kompor portable. Sejumlah netizen menyayangkan cara memasak tersebut karena dianggap sangat berbahaya.

"Maaf apa nggak berbahaya masak di mobil, kalau mobil meledak gimana tuh," tulis pemilik akun @citraquenstars di kolom komentar.

"Kok ngeri ya masak di mobil, apinya takut nyambar ke bensin," kata pemilik akun @kean1508.

"Gue ngeri pakai kompor kecil begitu takut meleduk, harus dimaksimalkan putarannya baru nyala, kalau setengah putaran malah bahaya," tulis pemilik akun @hippykiyowo.

Video ini kemudian viral di TikTok karena telah ditonton hingga 1,3 juta orang, mendapat tombol love oleh 68 ribu lebih pemilik akun, serta 949 komentar.

@henjiwong MASAK MIE PAKE ICE CREAM MCD! Masaknya di mobil lagi! Kurang niat apa gue? Ahhahaha #EsKrimRamen #IceCreamMie ♬ Mari Kita Coba - Sisca Kohl

DetikOto kemudian meminta konfirmasi langsung dari pemilik akun Henji Wong. Dirinya mengungkapkan bahwa konten tersebut dibuat secara sengaja untuk kesenangan semata, namun ia tidak tahu kalau hal tersebut berbahaya.

"Iyaa sengaja, tapi atas ketidaktahuan ternyata berbahaya ya," kata Henji saat dimintai konfirmasi, Jumat (14/1/2022)

"Cuman buat fun aja sih," ujarnya.

Masak di Dalam Mobil Sah-sah Saja, tapi...

Praktisi keselamatan berkendara yang juga founder dan instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, sebenarnya sah-sah saja untuk memasak di dalam mobil. Namun, ada sejumlah aturan yang harus dipatuhi agar tidak berbahaya.

"Karena pada dasarnya harus ada SOP dan aturannya, buktinya mobil seperti campervan bisa masak di dalam, tapi perlu diketahui jika mobil tersebut memiliki kompartemen yang pas, sehingga tetap aman," kata Jusri saat dihubungi detikOto, Jumat (14/1/2022).

Lebih lanjut, merujuk video viral memasak mie instan di dalam mobil, Jusri mengatakan bahwa sang pemilik akun melakukan beberapa hal cukup tepat, seperti membuka pintu bagasi belakang. Akan tetapi, hal tersebut tetap tidak boleh ditiru karena sangat berbahaya.

"Kalau dilihat dari cara dia memasak cukup bagus karena pintu bagasi dibuka, tapi dari pandangan pakar safety driving tentu ini tidak boleh dilakukan meski sudah ada beberapa cara mengantisipasi terjadinya kebakaran," ungkapnya.

"Jika kita lihat di video itu, di dalam mobil ada beberapa bahan yang mudah terbakar seperti bahan bakar mobil, oksigen, karpet, hingga plastik. Semua unsur tersebut bisa menjadi penyebab kebakaran secara umum, jika ada pemantiknya saja maka langsung menimbulkan api," jelasnya.

Jusri mengungkapkan, memasak di dalam mobil juga tidak hanya menimbulkan masalah kebakaran tapi juga bagi kesehatan. Soalnya, gas yang terus berada di dalam ruangan tertutup bisa membuat seseorang keracunan.

Pada akhirnya, Jusri mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak memasak di dalam mobil. Karena jelas hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain di sekitar.



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT