Modal 'Cuma' Rp 300 Jutaan, Toyota HiAce Disulap Jadi Rumah Berjalan Mewah

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Senin, 29 Nov 2021 09:55 WIB
Jakarta -

Tren penggunaan motorhome atau camper van tengah mewabah di dunia. Kini mobil tak hanya digunakan sebagai alat transportasi, namun juga bisa difungsikan sebagai rumah berjalan.

Salah satu workshop yang dapat menyulap mobil SUV hingga Minibus untuk menjadi sebuah motorhome di Indonesia adalah Baze Luxury Bus. Di workshop-nya yang berlokasi di bilangan Karanggan, Kabupaten Bogor, ada sebuah show unit motorhome dari 'bahan' Toyota HiAce yang sudah siap dipakai roadtrip bersama keluarga atau 'menjelajah sambil tetap berada di rumah'.

Pertama kali detikOto masuk ke dalam kabin dari Toyota HiAce garapan Baze ini, memang nuansanya seperti di rumah. Tak heran bertualang dengan mobil ini, serasa membawa rumah kemana-mana.

Deretan kursi penumpang sudah tak ada lagi, dan digantikan oleh kebutuhan sehari-hari. Toyota HiAce ini punya kitchen set, meja makan, sofa bed, kasur, kulkas, lemari, hingga perangkat hiburan.

Modifikasi Toyota HiAce jadi motorhomeModifikasi Toyota HiAce jadi motorhome Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Belum lagi dari segi eksterior, mobil ini pun dibuat sanggup untuk menempuh medan yang tak terduga. Baze memberikan roof rack, lampu kabut, hingga beberapa peranti lainnya, agar mobil lebih siap digunakan untuk berpetualang.

Baze memberi nama motorhome ini 'Bismo'. Ini merupakan motorhome mark II atau proyek kedua Baze Luxury Bus dalam membuat motorhome.

"Tipe ini adalah tipe bismo. Kita pakai nama-nama gunung, sesuai dimana pertama kali kendaraan ini digunakan. Kebetulan kendaraan ini dulu pertama kali ke Dieng dan tepatnya di Gunung Bismo, jadi tipe ini kita sebut tipe Bismo," papar Bari Setiadi, Pemilik Baze Luxury Bus kepada detikOto.

Modifikasi Toyota HiAce jadi motorhomeModifikasi Toyota HiAce jadi motorhome Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

Salah satu alasan Baze Luxury Bus menggarap motohome dari bahan Toyota HiAce adalah karena dari dimensi luar tak intimidatif untuk dibawa kemanapun, dari segi interior pun cukup lega untuk diutak-atik.

"Kalau ini hanya ukuran Toyota HiAce aja. Kebetulan HiAce itu agak unik ya ukurannya di Indonesia itu, sehingga mobil yang sejenis HiAce itu nggak ada," papar Bari.

"Paling pas ya kalau menurut saya, nggak terlalu besar juga, kemanapun masih bisa masuk, dari segi ketinggian juga yaa lebih tinggi sedikit dari pada Alphard dan dalamnya lega," lanjutnya.

Baze Luxury Bus sendiri bisa menggarap beragam hal untuk urusan interior kendaraan. Namun untuk motorhome, Baze menyarankan untuk mengikuti layout yang sudah mereka bikin, karena sudah melalui tahap uji keamanan dan kenyamanan.

Modifikasi Toyota HiAce jadi motorhomeModifikasi Toyota HiAce jadi motorhome Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

"Kalau warna eksterior atau interior bisa di-custom sesuai keinginan customer. Tapi untuk layoutnya, model sofa, model sofa bednya, sebaiknya mengikuti dari kita," papar Bari.

"Dalam mendesain motor home itu, nggak mesti bahwa apa yang ada di luar bisa kita bawa ke Indonesia. Karena dari sisi peraturan dan dari sisi keamana itu berbeda-beda," lanjutnya.

Untuk memodifikasi Toyota HiAce menjadi sebuah motorhome seperti Bismo milik Baze Luxury Bus ini, bujet yang dibutuhkan adalah berkisar Rp 300 juta. Tentu biaya tersebut baru estimasi, karena setiap pesanan dapat dikustomisasi sesuai permintaan pembelinya. Biaya tersebut pun di luar harga mobil.

Modifikasi Toyota HiAce jadi motorhomeModifikasi Toyota HiAce jadi motorhome Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik
(mhg/din)