Pengendara Avanza Halangi Ambulans yang Lawan Arah, Siapa Salah?

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 03 Okt 2021 10:24 WIB
Viral pengendara Avanza hadang mobil ambulans yang bawa pasien
Foto: Tangkapan layar Instagram @dashcam_owners_indonesia. Pengendara Avanza halangi mobil ambulans yang lawan arah.
Jakarta -

Di jagat media sosial viral video pengendara Toyota Avanza menghalangi jalan mobil ambulans yang sedang membawa pasien. Pengendara Avanza tersebut melakukan hal itu lantaran mobil ambulans melawan arah. Lalu siapa yang salah?

Praktisi Keselamatan Berkendara, Andry Berlianto, mengatakan tidak ada pihak yang benar dan pihak yang salah pada kejadian itu. Alasannya, dua pihak itu memiliki alasan masing-masing.

"Jika mengacu pada kedaruratan, tentunya ambulans punya hak untuk mengambil alternatif solusi dan ini dibutuhkan ketenangan si pembuka jalan untuk bisa meminta jalan ke (pengguna jalan) yang lain," kata Andry kepada detikOto, Minggu (3/10/2021).

"Sementara dari sisi si pengemudi Avanza tentunya diharapkan bisa lebih mengerti situasi dan mengalah (tidak egois dengan tidak mempertahankan hak jalan). Dibutuhkan saling empati saja agar tidak membuka ruang emosi di kedua belah pihak," sambung Andry.

Menurut Andry, insiden tersebut agak sulit diperdebatkan karena ambulans melawan arah dan si pengemudi Avanza menghalangi karena mungkin merasa benar juga.

"So menurut saya tidak ada benar-salah, tapi ke depan bisa jadi lesson learned (pembelajaran), kapan kita harus 'mengalah' pada situasi kedaruratan atau 'tegas' untuk mempertahankan situasi yang benar. Dan semoga yang di dalam ambulans memang benar-benar dalam situasi darurat," bilang Andry.

Diberitakan sebelumnya, viral video pengendara Avanza menghalangi mobil Ambulans. Seperti tampak di video Instagram @dashcam_owners_indonesia, seorang pengendara Avanza menghadang laju mobil ambulans yang tengah dalam kondisi darurat, membawa pasien sakit.

Kronologinya, mobil ambulans tersebut sedang membawa pasien dari Rumah Sakit Pasar Rebo dan ingin mengarah ke Pulogebang, Jakarta Timur. Kemudian sesampainya di darah Kramat Jati, mobil ambulans tersebut terjebak kemacetan parah.

Selanjutnya relawan yang mengawal mobil ambulans itu memutuskan melakukan contraflow (lawan arah). Namun sesaat setelah berjalan lawan arah, tiba-tiba ada pengendara mobil yang tidak memberi jalan kepada mobil ambulans itu. Pengendara itu menggunakan Toyota Avanza berwarna putih.

"Emergency respons pak. Emergency respons pak. Bawa pasien pak," ujar seseorang yang ada di mobil ambulans tersebut.

Pengendara Avanza putih tersebut sempat berhenti sejenak dan berbicara dengan relawan yang mengawal mobil ambulans tersebut. Tidak berapa lama, si pengemudi tersebut akhirnya memberi jalan kepada ambulans dan melanjutkan perjalanannya.

[Gambas:Instagram]


Tonton juga liputan khusus tempat nongkrong viral Pos Bloc berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]



(lua/riar)