Ngilu! BMW Dilumat Gegara Modifikasi Pakai Barang Curian

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 15 Sep 2021 21:38 WIB
BMW dilumat pakai mesin penggiling
BMW dilumat pakai mesin penggiling Foto: West Midlands Police
London -

Sebuah BMW 3 Series Touring berwarna hijau cerah terpaksa harus dihancurkan pihak kepolisian Inggris. Gara-garanya memodifikasi mobil dari barang curian.

Dikutip Carscoops, Rabu (15/9/2021), sebelumnya mobil tersebut merupakan seri 3 biasa bukan versi estate alias BMW 3 Series Touring. Sekilas tidak ada yang aneh dari mobil tersebut, tapi pihak keamanan mengendus kalau mobil itu ternyata bermasalah.

Pihak berwenang Inggris mulanya curiga karena mobil tersebut menggunakan pelat nomor yang terdaftar bukan BMW 3 Series Touring atau bergaya wagon. Padahal mobil itu teregistrasi sebagai BMW 3 Series biasa, yang bentuknya seperti sedan.

Setelah menyelidiki lebih lanjut, ternyata tidak hanya tampilan saja yang berganti jubah. Tapi juga dari sektor dapur pacunya, mobil modifikasi itu menggunakan basis mesin diesel dari BMW M3.

Polisi menghentikan mobil itu November lalu dan menyitanya untuk diperiksa. Setelah diselidiki, Departemen Kepolisian West Midlands Inggris menemukan bahwa mesin dan transmisinya berasal dari BMW M3 yang dicuri pada bulan Maret 2018 di wilayah Sutton Coldfield dan September 2019 dari dealer All Saints, Wolverhampton.

Untuk menyulap dari bergaya sedan menjadi wagon menggunakan bahan dari dua unit M3 beserta fitur panoramic sunroof-nya. Menakjubkan, sebab modifikasi itu terlihat natural seperti BMW 3 Series Touring sebagaimana mestinya.

"BMW ini tampak hebat dari luar, cara mengecatnya benar-benar tidak ada kesalahan, tetapi terdapat goresan bawah lapisan (bekas pengelasan) dan itu hanya dilas tag dan secara struktural tidak aman. Lapisan cat tidak akan menyelamatkan hidup Anda dalam tabrakan," kata Police Officer, Mark Wheaver dari Central Motorway Police Group dalam sebuah pernyataan.

"Siapa pun yang merakit mobil ini telah berusaha keras untuk mencoba dan menyembunyikan identitas aslinya. Nomor dan stiker dilepas, tetapi kami memiliki pemeriksa kendaraan ahli yang menggunakan teknik untuk mencari tahu seluk beluknya," sambung dia.

Tanpa ampun, petugas pun melumat mobil keren itu menggunakan shredding machine, semacam penggiling kendaraan berukuran besar. Mobil itu pun berakhir menjadi kepingan logam.

"Pemilik mobil ini tidak mendapatkan uang mereka kembali. Kami menyita kendaraan tersebut karena ilegal dan tidak aman," ujar spesialis pemeriksa kendaraan dari Central Motorway Police Group , Boyd Howells.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Mobil Diesel Nggak Sengaja Isi Bensin, Apa Resikonya?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)