Canggih Betul! KFC Jualan Ayam Pakai Mobil Tanpa Sopir di China

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 25 Nov 2020 07:07 WIB
KFC pakai mobil tanpa sopir buat jualan
KFC jualan pakai mobil tanpa awak alias otonom (Twitter @shanghaineko)
Shanghai -

Mobil otonom atau berkendara tanpa sopir (self driving) diyakini bakal menjadi tren baru. Teknologi itu kini digunakan restoran cepat saji KFC.

Dalam sebuah foto yang beredar di media sosial Twitter, KFC turun ke jalan langsung menjajakan dagangannya ke konsumen. Uniknya, tidak menggunakan tenaga manusia, tapi memanfaatkan teknologi mobil otonom dengan jaringan 5G.

Mencuplik Soyacincau, Selasa (24/11/2020) mobil tak berawak itu berada di depan stasiun metro di luar kota Shanghai. Konsumen dapat memesan di layar dan menerima pembayaran melalui kode QR. Setelah pembayaran dilakukan, pintu akan terbuka untuk mengambil pesanan.

Mobil tanpa awak tersebut merupakan Neolix dan bentuknya identik dengan kendaraan yang terhubung dengan 5G yang digunakan di rumah sakit di Thailand untuk pengiriman persediaan medis.

Menurut Forbes, Neolix memasok kendaraan pengiriman mini untuk penjualan makanan, patroli, dan jasa pengiriman. Selama pandemi COVID-19, mobil tanpa awak ini bahkan digunakan untuk desinfeksi jalanan. Selain KFC, perusahaan tersebut juga telah bekerja sama dengan Pizza Hut untuk menyediakan layanan "restaurant on wheels".

Mobil tak berawak Neolix sudah mencapai level 4. Kecanggihan mobil itu dapat mendeteksi serta menghindari rintangan berkat rangkaian sensornya. Forbes menyebut kendaraan otonom menggunakan teknologi seperti LIDAR (deteksi dan jangkauan cahaya), GPS dan computer vision untuk mendeteksi lingkungannya; sistem kontrol canggih di mobil itu dapat melacak input sensorik untuk mendeteksi papan nama atau menghindari tabrakan.

Bicara soal kemampuan, kendaraan ini memiliki jarak tempuh 100 km dengan sekali pengisian dan kecepatan maksimum 50 km / jam. Untuk pengoperasian sehari penuh, baterai dapat ditukar dalam 30 detik tanpa memerlukan alat tambahan.



Simak Video "Mobil Tanpa Sopir Versi Toyota"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)