Minggu, 01 Nov 2020 08:30 WIB

Ngeri, Dashboard Mobil Sampai Meleleh Gegara Korek Gas Meledak

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil terbakar gara-gara korek api Bahaya simpan korek gas di kabin mobil Foto: Screenshot Instagram
Jakarta -

Korek gas jadi komponen yang 'haram' ditinggal dalam kabin mobil. Baru-baru ini dilaporkan korek gas meledak karena diletakkan di dashboard mobil.

Video tersebut beredar di media sosial, nampak dashboard meleleh, kaca depan retak, dan area plafon mobil juga terbakar. Wanita tersebut juga menjelaskan hal ini gara-gara meninggalkan korek gas di dalam kabin mobil.

"Ini gara-gara korek api yang ditaro di dasbor, kena panas, jadi meledug ini. Kepanasan kejemur, terus meledug semuanya," ujar suara dalam video tersebut.

[Gambas:Instagram]

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi pernah menjelaskan korek gas merupakan bahan yang mudah terbakar di dalam mobil.

Terlebih jika mobil itu diparkir di ruang terbuka dalam waktu lama. Barang tersebut mengandung bahan aktif yang jika diletakkan di dalam ruang tertutup dengan suhu udara tinggi bisa berpotensi menimbulkan api dan menyebabkan kebakaran.

Lebih lanjut, seperti dicuplik dari Motor1, pakar dari Venson Automotive Solutions Gil Kelly mengatakan bahwa saat mobil terparkir di bawah area matahari langsung seperti rumah kaca, dengan hanya membutuhkan 10 menit untuk suhu di dalamnya naik ke tingkat yang berbahaya.

"Meskipun pemantik rokok sekali pakai yang menyebabkan kebakaran di dalam mobil atau van pada hari yang panas sangat jarang, ada barang-barang sehari-hari lainnya yang masih dapat menimbulkan banyak kerusakan pada interior sebuah kendaraan. Beberapa pengemudi mengambil risiko mengangkut barang-barang yang mudah terbakar termasuk bensin dalam wadah yang tidak 'sesuai untuk tujuan', meningkatkan risiko pembakaran spontan," ujar Gil Kelly.



Simak Video "Detik-detik Mobil Bermuatan Elpiji Terbakar di SPBU Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com