Rabu, 30 Sep 2020 10:56 WIB

Duaar! Detik-detik Mesin Mobil Meledak saat Dyno Test

Ridwan Arifin - detikOto
Pikap double cabin meledak Pikap double cabin meledak Foto: Tangkapan Layar Instagram @iidiesel
Utah -

Sebuah pikap double cabin tengah mentas di acara Weekend on the Edge di wilayah Utah, Amerika Serikat. Acara tersebut menampilkan hasil modifikasi mesin diesel double cabin yang sudah ditingkatkan performanya.

Mengutip Carscoops, Rabu (30/9/2020) saat dites awalnya berjalan mulus. Layaknya mobil diesel, keluar kepulan asap hitam yang keluar dari lubang knalpot ketika pedal gas digeber. Namun tiba-tiba, mobil milik grup 'Industrial Injection Diesel Performance' meledak.

Saat running di dyno test, tenaga yang ditelurkan pada mobil pikap itu mencapai 2.920 horsepower. Tidak puas, disebutkan para kru kemudian meningkatkan tekanan pada sistem nitrous.

Secara tiba-tiba mesin mobil itu meledak, beberapa komponen seperti bagian dari blok mesin, dua turbocharger terhempas ke udara. Kepulan api pun segera membakar kabin serta moncong mobil tersebut.

[Gambas:Instagram]



Panitia segera mengambil Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk menghentikan kobaran api. Beruntung, tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, sebab kru berhasil menyelamatkan diri dengan cepat melompat keluar dari mobil.

Mengutip Trucktrend, mesin diesel berkapasitas 6.7 liter itu disetel oleh tim Injection Diesel Performance. Saat running di dyno test, mobil itu dibawa kendali pria bernama Shawn Baca dan Kody Pulliam, keduanya menyelesaikan catatan 2.920 hp pada mesin tersebut.

Meledaknya mesin diesel itu saat kru hendak menambah 80 hp supaya genap 3.000 hp. Tim dilaporkan melepas nitrous, namun diduga karena settingan dan tekanannya tidak sesuai maka mesin mobil itu meledak.



Simak Video "Detik-detik Mobil Bermuatan Elpiji Terbakar di SPBU Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com