PO Bintang Utara Putra Rilis Dua Bus Baru, Pakai Bodi Adiputro dan Sasis Volvo

ADVERTISEMENT

PO Bintang Utara Putra Rilis Dua Bus Baru, Pakai Bodi Adiputro dan Sasis Volvo

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 18 Nov 2022 19:47 WIB
Bus UHD PO Bintang Utara Putra menggunakan bodi Adiputro dan sasis Volvo
Foto: Dok. Adiputro. Bus UHD PO Bintang Utara Putra menggunakan bodi Adiputro dan sasis Volvo.
Jakarta -

PO Bintang Utara Putra resmi merilis dua armada baru untuk jalur lintas Sumatra. Bus anyar Bintang Utara Putra menggunakan jenis bodi Jetbus 3+ UHD (Ultra High Decker) garapan karoseri Adiputro, yang dikombinasi sasis premium triple axle buatan Volvo.

Sekadar informasi, UHD merupakan konsep bus yang dipopulerkan karoseri Adiputro. Bus ini memiliki dua lantai, tapi tak bisa disebut sebagai bus double decker. Sebab bus UHD bagian dek bawahnya khusus buat awak kemudi dan bagasi saja, sementara dek penumpang ada di atas.

Secara dimensi, bus UHD lebih tinggi dari bus SHD (Super High Decker), tapi lebih rendah dari bus double decker. Sebagai gambaran, bus UHD punya tinggi sekitar 4 meter, kemudian bus SHD tingginya 3,9 meter, dan bus double decker punya tinggi rata-rata 4,15 meter. Adapun panjang bus UHD mencapai 13,5 meter dengan lebar 2,5 meter.

Dijelaskan Supervisor Finishing Adiputro, Yohan Setiawan, kedua bus UHD Bintang Utara Putra ini menggunakan sasis Volvo B11R. Sasis ini dilengkapi mesin berkapasitas 11.000 cc yang dikombinasi transmisi i-Shift AMT 12 percepatan. Mesin itu menghasilkan tenaga 430 dk dan torsi 2.000 Nm.

"Untuk fasilitas ada toilet, bangku konfigurasi 2-2 dengan legrest. Kapasitas penumpangnya ada 40 kursi," kata Yohan melalui lewat singkat kepada detikoto (18/11/2022).

Dari sisi eksterior, kedua bus UHD tersebut mempertahankan ciri khas PO Bintang Utara Putra dengan warna dasar hitam metalik, berpadu grafis kuning-orange seperti api. Selain itu tersemat juga gambar bintang-bintang. Bus ini juga dibekali lampu tambahan sebanyak 5 buah di depan bumper. Adapun bus ini masuknya kelasnya Super VIP.



Simak Video "Ciamik! Ini Wujud Bus Double Decker Terbaru Milik PO Gunung Harta"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT