ADVERTISEMENT

Biden Naik Benteng Berjalan, Pemimpin Lain Naik Bus ke Pemakaman Ratu Elizabeth II

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 20 Sep 2022 09:22 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di London, Inggris, Sabtu (17/9/2022) waktu setempat. Kedatangannya untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II.
Iring-iringan kepresidenan AS saat menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II (Foto: Joe Giddens/PA via AP)
Jakarta -

Ratusan pemimpin dunia melayat ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II, Senin (19/9). Transportasi sudah diatur menggunakan bus menuju area pemakaman di Wesminster Abbey, London, kecuali Joe Biden boleh membawa 'benteng berjalan' The Beast.

Biden datang bersama istrinya menggunakan iring-iringan kendaraan VIP dengan pengawalan. Dia duduk di dalam mobil Cadilac berlapis baja yang dijuluki The Beast. Presiden AS diberikan izin khusus oleh pemerintah Inggris untuk menggunakan moda transportasinya sendiri untuk pemakaman kenegaraan.

Beda dengan pemimpin dunia lainnya, seperti Raja dan Ratu Bhutan, Kaisar dan Permaisuri Jepang, Raja Spanyol semuanya datang ke kebaktian menggunakan bus. Selain itu, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, dan Perdana Menteri Selandia Baru juga dilaporkan tiba dengan bus, demikian seperti dikutip dailymail, Selasa (20/9).

Meski begitu, limusin lapis baja Presiden AS Joe Biden sempat terjebak kemacetan saat menuju ke Westminster Abbey. The Guardian melaporkan Biden duduk di biara pukul 10.05 waktu setempat, menurut jadwal yang diterbitkan oleh Istana Buckingham, para pejabat yang diundang harus duduk mulai pukul 09.35 - 09.55.

The Beast

The Beast, mobil kepresidenan AS garapan Cadillac, disebut-sebut sebagai benteng berjalan dan jadi mobil paling aman di dunia.

Di dalam The Beast terdapat banyak persenjataan yang disiapkan. Misalnya tersedia layar berasap dan gagang pintu yang dilengkapi dengan aliran listrik untuk menangkal para penyusup. Dalam keadaan darurat, The Beast disebut bisa mengeluarkan oli sehingga mobil yang mengejarnya berputar kehilangan arah.

Ada juga senapan angin, granat roket, peralatan night vision, hingga granat gas air mata di dalamnya. Punya bobot 8 sampai 10 ton, bodi The Beast terbuat dari lapisan antipeluru guna mencegah kerusakan saat ada bom meledak. Kacanya juga tebal dan disebut dapat menghentikan peluru magnum 0,44.

Bagian interiornya dilengkapi dengan pelindung khusus sehingga penumpang dapat terhindar dari cairan beracun. Ban The Beast yang kempes juga masih membuat mobil berjalan meski dalam kecepatan terbatas.



Simak Video "Sederet Warisan dari Ratu Elizabeth II untuk Raja Charles III"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT