Tak Selalu Mobil Inggris, Raja Charles III Naik Mobil Mewah Ini

ADVERTISEMENT

Tak Selalu Mobil Inggris, Raja Charles III Naik Mobil Mewah Ini

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 14 Sep 2022 18:08 WIB
King Charles III waves to onlookers as he arrives at Belfast City Airport Matthew Hall, Ella Smith aged 10, and Lucas Watt aged 10 as they arrive at BelfastCity Airport as the King continues his tour of the four home nations in Northern Ireland, Tuesday Sept. 13, 2022. Charles and Camilla are visiting the four home nations of the UK in the run-up to the state funeral for Queen Elizabeth II on Monday. (Liam McBurney/pool via AP)
Raja Charles III naik mobil BMW (Foto: AP/Liam McBurney)
Belfast -

Raja Charles III melakukan kunjungan perdananya ke Irlandia Utara sebagai raja. Ia melakukan tur ke empat negara di Inggris sebelum pemakaman kenegaraan ibunya, Ratu Elizabeth II minggu depan. Di Irlandia Utara, Raja Charles bukan naik mobil Inggris, tapi mobil Jerman.

Raja berusia 73 tahun itu mendarat di Belfast, Irlandia Utara menggunakan jet pribadi. Turun dari pesawat, mobil sedan mewah berkelir hitam sudah menunggu Raja Charles III.

Sehari sebelumnya di London, Raja Charles III menunggangi mobil klasik warisan ibunya Ratu Elizabeth II. Saat itu, Raja Charles III menaiki sebuah Rolls-Royce Phantom yang sangat spesial. Mobil tersebut diproduksi terbatas, sebanyak 18 unit.

Kemarin, saat tiba di Belfast, Raja Charles III bukan naik mobil buatan Inggris. Sedan hitam yang menjemputnya adalah sebuah BMW Seri 7. Sementara mobil Inggris Range Rover berada di belakangnya sebagai mobil pengawal.

Mobil BMW Seri 7 ini sama seperti yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi Eropa pada Juni lalu. Mobil itu adalah BMW Seri 7 Security Vehicle dengan proteksi maksimal untuk penumpangnya.

BMW Seri 7 Security Vehicle dibuat dengan spesifikasi khusus yang bisa menjamin keamanan orang penting di dalamnya. Mengutip situs resminya, mobil yang masuk dalam BMW Security Vehicle itu didesain untuk tahan terhadap tiga risiko besar. Mobil ini mampu menahan peluru kaliber 0,44 Magnum, menangkal kejahatan terorganisir dengan kemampuan menangkis peluru sekelas AK-47, sampai serangan ledakan sekalipun.

BMW seri 7 High Security merupakan sedan pertama di dunia yang bisa menahan peluru VR7. Sementara di area transparannya, bisa resisten terhadap peluru kelas VR9.

Tak cuma itu, ledakan dari granat pun mampu ditangkisnya. Jendelanya memiliki lapisan khusus yang mencegah tembakan masuk.

BMW melapisi kaca dan jendelanya dengan kaca komposit khusus berukuran 6 cm. Bagian dalamnya juga dilapisi polikarbonat untuk mencegah serpihan-serpihan dari material tembakan ke bagian penumpang.

Bagian tangki bensin pun tak lupa diproteksi. Tangki bensin dilindungi dengan material anti-ledakan. Ban juga telah mengusung run flat tyre yang memungkinkan mobil masih terus melaju 50 km pada kecepatan 80 km/jam meski kondisinya sangat kempes.



Simak Video "Raja Charles III Akan Diberi Mahkota pada 6 Mei 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT