Spesifikasi dan Harga 'Kereta Kencana' Raja Charles III, Cuma Ada 18 di Dunia

ADVERTISEMENT

Spesifikasi dan Harga 'Kereta Kencana' Raja Charles III, Cuma Ada 18 di Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 13 Sep 2022 17:32 WIB
King Charles III, rear seat left, leaves St Giles Cathedral after a thanksgiving service for late Queen Elizabeth II, in Edinburgh, Monday, Sept. 12, 2022. Britains longest-reigning monarch who was a rock of stability across much of a turbulent century, died Thursday Sept. 8, 2022, after 70 years on the throne. She was 96. (AP Photo/Scott Heppell)
Foto: Mobil istimewa Raja Charles III (AP/Scott Heppell)
London -

Setelah naik takhta, Raja Charles III menggunakan mobil istimewa warisan dari ibunya, Ratu Elizabeth II. Mobil Rolls-Royce Phantom IV menjadi 'kereta kencana' yang ditumpangi Raja Charles III dan Permaisuri Camilla.

Mobil ini begitu spesial. Rolls-Royce hanya memproduksi sebanyak 18 unit dan tersebar di seluruh dunia. Dikutip Telegraph, Rolls-Royce Phantom IV dimiliki Ratu Elizabeth II sejak 1950 dan muncul di sejumlah acara kenegaraan.

Dikutip dari situs resmi BMW Group Classic, Rolls-Royce milik keluarga kerajaan ini merupakan mobil terbaik di dunia. Menurut pabrikan, keluarga Kerajaan telah mencari mobil untuk Putri Elizabeth pada tahun 1949, karena dia terkesan ketika suaminya, Duke of Edinburgh, mengendarai Bentley dengan mesin Rolls-Royce.

Bodywork Rolls-Royce biasanya dipasok oleh Hooper atau H.J. Mulliner, dan akan dipasang pada ladder frame klasik. Mesin delapan silinder segaris kapasitas 5,7 liter di belakang gril radiator tua yang besar mengeluarkan tenaganya yang luar biasa. Mesin 5.700 cc itu mampu mengeluarkan tenaga hingga 166 daya kuda.

Dengan jarak sumbu roda hampir 3,70 meter dan panjang eksterior yang membentang hingga 5,82 meter, Phantom IV menawarkan penumpangnya kenyamanan kursi yang mereka inginkan. Kemewahan tetap terpancar dari mobil yang lahir di tahun 1950-an itu. Interior didominasi material kayu dan kulit. Pengerjaan setiap detail terakhir tidak ada duanya.

"Kualitas tak tertandingi dari Rolls-Royce setua merek legendaris itu sendiri. Jadi tidak ada keraguan bahwa ini adalah mobil yang cocok untuk membawa Ratu Inggris melalui jalan-jalan di negaranya," klaim Rolls-Royce.

Mengingat Rolls-Royce Phantom IV adalah mobil spesial yang diproduksi terbatas, harganya pun tak murah. Rolls-Royce Phantom IV yang kini menjadi 'kereta kencana' Raja Charles III itu ditaksir memiliki harga US$ 850.000 sampai US$ 1.100.000 atau setara Rp 12 miliaran sampai Rp 16 miliaran. Mobil serupa pernah laku dilelang dengan harga 800.000 poundsterling atau Rp 13,9 miliar.



Simak Video "Raja Charles III Akan Diberi Mahkota pada 6 Mei 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT