ADVERTISEMENT

Menhan Prabowo Mau Babinsa Pakai Motor Buatan Indonesia, Siapa yang Bikin?

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 16 Sep 2022 13:07 WIB
Jokowi dan Prabowo di Tual
Presiden Jokowi (kanan) dan Menhan Prabowo (tengah). Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto akan membekali Bintara Pembina Desa (Babinsa) dengan kendaraan operasional. Tapi Menhan Prabowo mau motor dinas Babinsa menggunakan produk asli buatan Indonesia.

Kementerian Pertahanan menyerahkan 40 unit sepeda motor kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, di Provinsi Maluku, pada Rabu (14/09/2022).

Kegiatan itu turut dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, serta Menhan Prabowo Subianto. Menhan Prabowo dalam keterangannya mengatakan bahwa penyerahan kendaraan bermotor tersebut merupakan bagian dari arahan Presiden Jokowi untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang.

"Untuk itu, pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial salah satu unsur yang sangat penting, jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta)," ujar Prabowo dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet.

Selain itu, Menhan Prabowo mengatakan bahwa penyerahan kendaraan bermotor tersebut juga akan diberikan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, kendaraan bermotor yang akan diberikan merupakan produksi lokal yang akan dibuat oleh perusahaan dalam negeri.

"Ini baru saja awal karena nanti seluruh Babinsa akan kita kasih motor dan nanti rencananya motornya akan kita buat di dalam negeri di Indonesia oleh Pindad dan PT Len dibawah holding industri pertahanan, holding yang sekarang yaitu Defend ID," sambungnya.

Prabowo pun menegaskan komitmen seluruh komponen pertahanan Tanah Air untuk menjalankan amanah Presiden Jokowi dalam menjaga kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia. "Kalau kita kaya dan kita tidak jaga, ya salah kita sendiri kalau kekayaan kita diambil," tandas Menhan Prabowo.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam acara tersebut adalah Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin, dan Wali Kota Tual Adam Rahayaan.



Simak Video "Prabowo Ungkap 5 Hal Kekalahan Serangan Udara Rusia dari Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT