ADVERTISEMENT

Alphard pun Bakal Minder kalau Ketemu Bus Pariwisata Super Mewah Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 29 Agu 2022 09:03 WIB
Bus pariwisata Travelink
Bus pariwisata Travelink garapan karoseri Adiputro. (Foto: Dok. Yohan Setiawan/Adiputro)
Jakarta -

PT Travela Linkar Sejahtera baru saja memperkenalkan armada paling anyarnya, Luxury Signature. Semewah apa sih bus ini?

Dunia transportasi bus di Indonesia semakin berkembang pesat seiring membaiknya infrastruktur jalan tol. Perusahaan Otobus (PO) berlomba-lomba dalam menawarkan premium kepada konsumen. Salah satunya seperti yang dilakukan PT Travela Linkar Sejahtera yang baru-baru ini memperkenalkan armada mewahnya, Luxury Signature. Bus ini digarap oleh karoseri Adiputro dan menggunakan sasis Mercedes-Benz.

Supervisor Finishing Bus Adiputro, Yohan Setiawan mengatakan, bus ini dikhususkan untuk pelayanan premium. Maka itu jumlah kursinya tidak sebanyak bus-bus pariwisata pada umumnya. Plus ada tambahan satu kursi jenis sleeper yang bisa digunakan untuk rebahan.

"Total kapasitasnya 14 penumpang, dan ada satu tambahan sleeper seat," kata Yohan kepada detikOto melalui pesan singkat, Jumat (26/8/2022).

Jika diperhatikan, bus ini mengusung konfigurasi kursi 2+1. Kursinya pun berukuran besar dan nampak empuk, sehingga dijamin bisa memanjakan para penumpang ketika menempuh perjalanan panjang.

"Bangkunya ada ada arm rest, leg rest, dan juga foot rest. Selain itu, ada juga kursi yang berbentuk sofa," sambung Yohan.

Bus pariwisata TravelinkBus pariwisata Travelink Foto: Dok. Yohan Setiawan/Adiputro

Fasilitas lain di bus ini meliputi televisi berukuran besar di depan, meja untuk makan atau kerja, toilet, hingga dapur mini atau pantri. Mobil mewah Toyota Alphard bakal minder nih kalau ketemu bus ini.

Dari segi eksterior, bus ini tampil minimalis dan elegan dengan warna dasar putih dan grafis tipis-tipis. Bodinya sendiri menggunakan Jetbus 3+ MHD. Sudah tidak menggunakan selendang samping dan kaca depannya tunggal alias single glass.

Adapun sasis yang digunakan adalah Mercedes-Benz 1626. Sasis ini pakai mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler.

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi puncak 950 Nm di rentang 1.200-1.600 rpm. Tenaga itu disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

Bus pariwisata TravelinkBus pariwisata Travelink Foto: Dok. Yohan Setiawan/Adiputro


Simak Video "Respons Sandiaga Uno atas Maraknya Kecelakaan Bus Pariwisata"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT