Kenapa Bus-bus Buatan Tentrem Kaca Depannya Jenong? Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Kenapa Bus-bus Buatan Tentrem Kaca Depannya Jenong? Ini Alasannya

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 22 Agu 2022 07:54 WIB
Bus double glass Tentrem Avante H9
Ciri khas Tentrem dengan kaca depan yang agak jenong. Foto: Tentrem
Jakarta -

Bus-bus buatan karoseri Tentrem memiliki ciri khas tersendiri dengan desain kaca depan yang agak menjorok ke depan alias jenong. Kalau dibandingkan para kompetitornya seperti Laksana dan Adiputro, mereka menggunakan desain kaca depan bus dengan bentuk yang hampir rata. Lalu apa ya alasan Tentrem memilih konsep desain yang unik seperti itu?

Dijelaskan Marketing Staff PT Tentrem Sejahtera, Nugroho Eko S, bus-bus Tentrem dibuat dengan desain seperti itu tujuannya supaya punya aerodinamika yang lebih baik. Singkatnya, agar bus bisa memecah hambatan angin lebih baik.

"Jadi kalau kita bikin (kaca depannya) nonong, itu ada angin yang terbuang ke bawah, ke atas, serta ke samping. Jadi buangan anginnya normal," ungkap Nugroho kepada wartawan di arena GIIAS 2022, ICE-BSD City, Tangerang, Jumat (19/8/2022).

Kerjasama Hino dan Tentrem Lahirkan Bus dengan Bodi Aluminium di GIIAS 2021Ciri khas bus Tentrem dengan kaca depan jenong Foto: Luthfi Anshori/detikcom

Selain untuk menunjang sistem aerodinamika, kaca depan bus-bus Tentrem yang jenong itu muncul seiring kelahiran tren bus double glass alias kaca depan ganda yang sempat naik daun beberapa tahun terakhir ini.

"2016 itu kan lahir era double glass. Kalau orang naik bus double glass, yang pertama kali dipertanyakan pasti adalah pandangan (terhalang atau tidak). Kita sangat mengejar itu. Jadi meskipun (bus Tentrem) double glass, pandangan tetap luas ke depa. Dengan posisi kaca yang seperti itu akhirnya pilar pemisah kaca atas dan bawah ini tipis dan akhirnya pandangan ke depannya jadi lebih los," sambung Nugroho.

Sebagai informasi, Tentrem turut hadir di perhelatan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang berlangsung pada 11 hingga 21 Agustus 2022.

Karoseri asal Jawa Timur ini membawa beberapa model terbaik mereka. Salah satu yang mencuri perhatian adalah Avante H8 Grand Seigneur. Bus milik PO Bagong ini telah dikustomisasi interiornya sehingga jadi lebih mewah dan bisa difungsikan sebagai rumah sekaligus kantor berjalan.



Simak Video "Terpesona dengan Wujud Sleeper Bus Baru Karoseri Tentrem"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT