ADVERTISEMENT

Tentrem Bawa Bus 'Sultan' ke GIIAS 2022: Interior Mewah, Harga Rp 3 Miliar

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 19 Agu 2022 20:22 WIB
Bus Tentrem di GIIAS 2022
Foto: Luthfi Anshori/detikOto. Bus Tentrem di GIIAS 2022.
Jakarta -

Karoseri Tentrem memang tanpa peluncuran produk baru di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Namun perusahaan asal Malang, Jawa Timur ini membawa satu produk bus yang telah dikustomisasi interiornya sehingga jadi lebih mewah dan bisa difungsikan sebagai rumah sekaligus kantor berjalan.

"Ini kita sebut Avante H8 grand signal. Artinya adalah tuan besar, atau zaman sekarang istilahnya Sultan. Jadi semua kebutuhan bepergian sang 'Sultan'. Kita berusaha untuk memenuhi," kata Marketing Staff PT Tentrem Sejahtera, Nugroho Eko S kepada wartawan di arena GIIAS, ICE-BSD City, Tangerang, Jumat (19/8/2022).

Bus Tentrem di GIIAS 2022Bus Tentrem di GIIAS 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Adapun bus ini merupakan milik dari PO Bagong. Dilihat dari interiornya yang mewah, bus ini tentunya tidak akan digunakan di jalur AKAP (Antar Kota Antar Provinsi). Melainkan bakal digunakan untuk keperluan keluarga pemilik PO Bagong, atau bisa disewakan secara khusus untuk konsumen yang ingin bepergian menggunakan bus mewah bersama keluarganya.

"Seat-nya ada dua belas, sudah serba otomatis, serba canggih, ada genset, ada dapur, ada ruang meeting. Jadi biarpun pergi perjalanan panjang, tapi kerjaan nggak boleh ditinggal," sambung Nugroho.

Bus Tentrem di GIIAS 2022Bus Tentrem di GIIAS 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Bus ini dibagi menjadi dua kabin. Kabin pertama merupakan kabin penumpang dengan jumlah kursi 12. Sementara kabin kedua merupakan ruang khusus kerja, lengkap dengan sofa dan meja, serta TV LED dengan ukuran layar super besar. TV ini juga dilengkapi sistem multimedia media mumpuni, sehingga seusai kerja penumpang bisa langsung menghibur diri dengan karaoke.

Menariknya lagi, sofa-sofa dan meja tersebut juga bisa diubah fungsinya menjadi kasur. Jadi ketika dibutuhkan, penumpang bisa langsung beristirahat. Selain di kabin tersebut, di bagian bawah juga terdapat ruang bagasi super luas yang bisa difungsikan sebagai kamar tidur.

"Bus ini pakai sasis Mercedes-Benz OH 1626 matic (AT). Soal biaya, untuk interiornya saja kisaran Rp 200-Rp 300 juta. Bodinya sekitar Rp 550 juta. Lalu sasisnya kurang lebih di Rp 1,2 miliar. Jadi kurang lebih kalau dihitung-hitung, satu unit ini biayanya Rp 3 miliar," bilang Nugroho.

Bus Tentrem di GIIAS 2022Bus Tentrem di GIIAS 2022 Foto: Luthfi Anshori/detikOto


Simak Video "Penampakan 2 Mobil Teranyar Suzuki di GIIAS 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT