ADVERTISEMENT

TransJakarta Uji Coba Bus Listrik Besutan Moeldoko

Ridwan Arifin - detikOto
Sabtu, 23 Jul 2022 12:24 WIB
Bus Listrik Karya Anak Bangsa akan diujicoba menjadi armada bus TransJakarta
Bus besutan Mobil Anak Bangsa yang akan diuji TransJakarta (Foto: Ridwan Arifin/detikOto)
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan menggunakan bus listrik besutan Moeldoko, PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Satu unit bus listrik ini bakal diuji coba dalam koridor Ragunan - Monas selama tiga bulan.

Penandatanganan nota kesepahaman antar keduanya dilakukan di JIEXpo, Kemayoran, Jakarta pusat hari ini, Jumat (22/7) kemarin.

"Kami berterima kasih terutama kepada PT Transportasi Jakarta, dipercaya untuk melakukan ujicoba di jalur koridor TransJakarta selama 3 bulan. Ini menunjukkan bagi kami komitmen dari PT Transportasi Jakarta untuk menjadikan Jakarta lebih hijau," ujar Direktur Utama PT MAB Kelik Irwantono saat konferensi pers di Periklindo Electric Vehicles Show 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022).

Uji coba ini sekaligus menjadi armada bus listrik, produk lokal pertama yang mengaspal di jalur Transjakarta. MAB juga menjadi bus listrik pertama yang akan melayani pelanggan di dalam koridor atau BRT.

"Uji coba dari MAB akan berlangsung selama 3 bulan. Rutenya kalau tidak salah Ragunan - Monas, ini merupakan rute di dalam koridor, sehingga kita berharap sepanjang nanti uji coba kita bisa mendapatkan suatu standar yang bisa dipenuhi dari bus MAB. Setelah masuk tahap ujicoba, baru kita akan masuk ke dalam tahap komersial," kata Direktur Utama Transjakarta M. Yana Aditya dalam kesempatan yang sama.

Sebagai tambahan, bus listrik ini diketahui menggunakan komponen lokal sebesar 35 persen dengan jarak tempuh 250 km. Adapun memiliki kapasitas baterai sebesar 315,85 kWh dan waktu pengisian baterai selama 1.5 - 2 jam.

"Kita sebagai prinsipal bus Karya Anak Bangsa kita sangat dihargai sehingga kita bisa membuktikan nantinya ke depan sebagai pemain yang dipercayakan operator bus yang mengoperasikan bus produksi kita di Jakarta," ujar Kelik.

"Yang kita uji coba bus normal floor panjangnya 12 meter, kapasitas baterai 315,8 kwH dengan jarak tempuh kurang lebih dalam sehari bisa memenuhi 250 kilometer," tambah dia.



Simak Video "Sudah Lama Meluncur, Apa Kabar Bus Listrik Laksana?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT