Makin Serius, Transjakarta Bakal Punya Pilihan Bus Listrik Terbaru

ADVERTISEMENT

Makin Serius, Transjakarta Bakal Punya Pilihan Bus Listrik Terbaru

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Sabtu, 14 Mei 2022 19:13 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Syafrin Liputo; Presiden Direktur PT Vektr Mobiliti Indonesia (VKTR) Gilarsi W Setijono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan; Direktur Utama PT Transjakarta Mochammad Yana Aditya, dan Direktur PT Bakrie & Brothers Tbk. Amri Aswono Putro saat meresmikan operasional 30 bus listrik Transjakarta, di Halte Balaikota, Selasa (8/3/2022).
Transjakarta Listrik Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama penyedia sekaligus produsen bus berbasis listrik, Switch Mobility Limited. Rencananya, hasil kemitraan ini akan menghadirkan armada bus listrik untuk Transjakarta.

Penandatanganan MoU ini dilaksanakan bersama pihak Transjakarta dengan Switch Mobility Limited di London, Inggris, Jumat (13/5/2022) sore waktu setempat. Penandatanganan MoU ini juga dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Hal ini merupakan bentuk komitmen Transjakarta dalam menghadirkan bus listrik sebagai armada masa depan," kata Anies dilansir Antara.

Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT Transjakarta untuk meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan bus listrik sebagai armada masa depan. Nantinya, Switch Mobility Limited akan melakukan uji coba bus listrik di jalur Transjakarta sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berlaku dari aspek pengujian dan standar operasional Transjakarta.

Melalui kerja sama ini, Anies berharap Transjakarta dapat memiliki akses yang lebih luas lagi kepada penyedia bus listrik. Tidak hanya lokal saja, namun juga dari belahan dunia lain, terutama Inggris.

Peluncuran bus listrik TransJakartaIlustrasi peluncuran bus listrik TransJakarta Foto: Tiara Aliya/detikcom

"Mengingat Inggris memiliki inovasi di bidang teknologi, pembiayaan serta model pengadaan yang cukup berkembang pesat," papar Anies.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta M Yana Aditya menyambut baik adanya kemitraan tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu upaya dan bentuk dukungan kepada pemerintah dalam mencapai target Net Zero Emission.

"Kami ingin memastikan pemenuhan kebutuhan implementasi bus listrik bagi pelanggan agar bisa terpenuhi secara maksimal," ujarnya.

Proses uji coba diharapkan bisa berjalan pada kuartal II tahun 2023 nanti. Jika uji coba berjalan sesuai rencana, kedua belah pihak bisa melanjutkan kerja sama ini untuk secara resmi dan beroperasi melayani masyarakat.

Sebagai informasi, Penandatangan nota kesepahaman tersebut dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama PT Transportasi Jakarta M Yana Aditya dan Sarwant Singht selaku Chief Planning Officer Switch Mobility Limited. Selain itu, penandatanganan MoU juga disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan MP Prime Minister's Trade Envoy to Indonesia, Richard Graham.

Kemudian perwakilan Kedubes Indonesia untuk Inggris Desra Percaya, Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo, serta Direktur Operasi dan Keselamatan PT Transportasi Jakarta Yoga Adiwinarto.



Simak Video "Wujud Bus Listrik Garapan Tentrem Siap Mondar-mandir di KTT G20"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT