ADVERTISEMENT

Inikah Jenis Mobil dan Motor yang Bakal Dilarang Tenggak Pertalite?

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 30 Jun 2022 10:22 WIB
PT Pertamina (Persero) sudah siap untuk menjual produk bensin terbarunya yakni Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap menjual Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
Mobil di atas 2.000 cc dan motor mewah diusulkan agar tidak lagi bisa 'minum' Pertalite. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi masih terus menggodok kriteria kendaraan yang bakal dilarang mengkonsumsi Pertalite lagi. Salah satu yang diusulkan adalah mobil mewah dengan kapasitas di atas 2.000cc dan juga motor mewah.

"Mobil pelat hitam masih bisa, kecuali yang di atas 2.000 termasuk mobil dan motor mahal. Plat kuning dan angkutan barang masih boleh," terang Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman," dikutip CNBC Indonesia.

Bila nantinya disahkan, maka kendaraan di luar kriteria masih diizinkan membeli Pertalite dengan cara mendaftar. Sejauh ini, kebijakan beli Pertalite wajib daftar baru berlaku untuk kendaraan roda empat. Adapun cara untuk mendaftar untuk bisa beli Pertalite adalah sebagai berikut.

1. Siapkan KTP, STNK, Foto kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya.
2. Buka situs subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam laman tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, kamu tinggal mengunduh (download) QR Code dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Masyarakat tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki aplikasi MyPertamina, karena pendaftaran dilakukan semua di website MyPertamina https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya kemudian akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna terdaftar akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan bahwa data mereka telah cocok dan dapat membeli Pertalite dan Solar.

Saat ini Pertamina Patra Niaga terus memperkuat infrastruktur serta kesisteman untuk mendukung program penyaluran Pertalite dan Solar secara tepat sasaran ini. Direncanakan, uji coba awal akan dilakukan di beberapa kota/kabupaten yang tersebar di 5 Provinsi antara lain Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan DI Yogyakarta.



Simak Video "Polling detikcom: Banyak yang Setuju Pertalite untuk Motor dan Kendaraan Umum"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT