Jalanan Jakarta Mulai Macet Lagi di Mana-mana, Lebih Parah dari 2019?

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 17 Mei 2022 11:41 WIB
Jakarta -

Sejumlah ruas jalan di Jakarta sejak pagi kembali padat usai. Mengutip data lalu lintas TomTom Index, beberapa ruas jalan di Jakarta pagi ini memiliki indeks berwarna merah pekat. Indeks berwarna merah tersebut menggambarkan jalanan Jakarta yang sangat padat.

Adapun sejumlah ruas jalan yang memiliki indeks berwarna merah antara lain jalan tol Jakarta-Cikampek mulai dari Jatiwaringin sampai Cawang, tol JORR dari Cikunir hingga Pasar Rebo, tol Jakarta-Tangerang. Kepadatan juga terjadi di kawasan Pondok Gede, Cawang, Cililitan, Kalibata, hingga Pancoran.

level kemacetan JakartaLevel kemacetan Jakarta dalam sepekan terakhir. Foto: TomTom Index

"Bekasi Barat - Cikunir PADAT, kepadatan di lajur kanalisasi arah GT Cikunir 4. Jatibening - Cawang PADAT, kepadatan volume lalin arah Tebet," tulis Jasa Marga dalam akun Twitternya, dilihat, Selasa (17/5/2022).

Indeks berwarna merah juga memenuhi jalanan di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dalam catatan TomTom, saat ini lalu lintas di Ibu Kota Jakarta berada pada level 58% atau naik 21% dari rata-rata kepadatan pada jam yang sama (10.00 WIB). Level tersebut sebenarnya sudah menurun karena puncak kepadatan pada hari ini terjadi pada pukul 08.00 WIB yakni 71%.

"Cikunir KM 09 - Jatibening KM 07 PADAT, kepadatan volume lalin. Jatiwaringin KM 05 - Cawang KM 00 PADAT, kepadatan volume lalin," begitu laporan Jasa Marga pada pukul 08.00.

Tingkat kepadatan tersebut hanya berselisih tipis dari kepadatan rata-rata tahun 2019 sebelum pandemi melanda. Untuk jam 08.00 peningkatan kepadatan yang terjadi sebesar 34% dibandingkan rata-rata tahun 2019.

TomTom juga mencatat ada 375 titik kemacetan yang kalau dijumlahkan totalnya mencapai 349,2 km. Dalam sepekan, memang terlihat kepadatan di sejumlah jalan. Namun kalau melihat data TomTom lalu lintas pada pagi ini paling padat dibandingkan tujuh hari terakhir.

(dry/din)