ADVERTISEMENT

Pengendara dari Bandung Ingin ke Jakarta Dialihkan Melalui Jalan Non Tol

Tim detikOto - detikOto
Sabtu, 30 Apr 2022 09:31 WIB
Momen Pemudik Mencak-mencak Imbas Penutupan Jalur di GT Kalihurip Utama!
Momen Pemudik Mencak-mencak Imbas Penutupan Jalur di GT Kalihurip Utama! Foto: 20Detik
Jakarta -

PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mengumumkan bagi pengendara yang hendak ke Jakarta dari arah Bandung akan dialihkan melalui jalan non tol. Langkah ini dilakukan untuk mendukung sistem one way arus mudik lebaran 2022.

Dalam rilis resmi PT Jasa Marga dijelaskan Atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way kemarin, Jumat (29/04), sejak pukul 23.00 WIB dari Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek s.d Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.

"Sebelum dilakukan one way, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga telah memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow sebanyak dua lajur sejak pukul 19.15 WIB (tadi malam) untuk mencairkan kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di sejumlah titik," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head, Dwimawan Heru, dalam rilis resmi Jasa Marga.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi titik awal pemberlakuan rekayasa lalu lintas one way memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan agar dapat masuk ke lajur one way dengan aman.

Pekerja beraktivitas dalam proyek pembangunan Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama di Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Senin (20/5/2019). PT Jasa Marga Tbk akan mengoperasikan gerbang tol pengganti GT Cikarang Utama itu mulai 23 Mei 2019 yang diharapkan dapat memperlancar arus mudik dan balik  Lebaran 2019. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama.Ilustrasu saat pekerja beraktivitas dalam proyek pembangunan Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama di Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Senin (20/5/2019). PT Jasa Marga Tbk akan mengoperasikan gerbang tol pengganti GT Cikarang Utama itu mulai 23 Mei 2019 yang diharapkan dapat memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/ama. Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Pengguna jalan juga diimbau untuk mengantisipasi ruas jalan tol yang terkoneksi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek, seperti perjalanan dari arah Bandung via Jalan Tol Cipularang yang menuju arah Jakarta, karena akan dilakukan penutupan GT Kalihurip Utama sebagai dampak pemberlakuan one way ke arah timur.

Sebagai alternatif menuju arah Jakarta, pengguna jalan dari arah Bandung dapat keluar melalui GT Sadang Jalan Tol Cipularang Km 76 lalu melanjutkan perjalanan melalui jalan non tol dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Karawang Barat di Km 47.

"Di titik yang sama (Km 76), pengguna jalan juga bisa mengakses jalur fungsional Sadang s.d Kutanegara Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 8,5 Km dan dilanjutkan dengan melewati jalan non tol sepanjang kurang lebih 20 Km dengan satu-dua lajur setiap arahnya untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Karawang Barat di Km 47," Dwimawan menambahkan.

Diingatkan agar para pemudik selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.



Simak Video "Wilayah Mana yang Paling Banyak Jadi Tujuan Mudik 2022?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT