Hasil Uji Tembak Medium Tank Harimau Buatan Pindad

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 25 Feb 2022 17:04 WIB
Medium Tank Harimua Buatan Pindad Diuji Tembak
Medium Tank Harimau Buatan Pindad Diuji Tembak. (Dok. Pindad)
Jakarta -

PT Pindad (Persero) melakukan uji tembak pada Medium Tank Harimau pada 24-25 Februari 2022. Pengujian ini dilakukan untuk memastikan kemampuan turret dengan kanon 105 mm dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan dan spesifikasi desain terbaru yang mendapatkan peningkatan.

Uji tembak Medium Tank Harimau buatan Pindad dilakukan di Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) TNI AD Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan uji tembak merupakan salah satu rangkaian dari Factory Acceptance Test (FAT) produk Medium Tank Harimau.

Untuk diketahui, Medum Tank harimau Kanon 105 mm adalah kendaraan tempur terbaru dari PT Pindad (Persero). Kendaraan ini dilengkapi dengan two-man turret kaliber 105 mm serta senapan mesin kaliber 7,62 mm untuk daya gempur maksimum. Harimau Medium Tank didesain khusus untuk daerah operasi tropis seperti hutan karena memiliki bobot yang lebih ringan dari Main Battle Tank.

Sebelumnya, Medium Tank Harimau menjalani serangkaian Factory Acceptance Test (FAT) yang dilaksanakan di fasilitas uji FNSS Turki pada 8-14 Agustus 2021. Rangkaian uji yang dijalani antara lain uji rintangan tanjakan 60%, uji lintas parit, uji pengereman, uji lintas miring 30%, uji radius putar, uji kemampuan mengarung dan berbagai uji lainnya.

Kali ini, Medium Tank Harimau melakoni uji yang difokuskan pada uji tembak kanon kaliber 105 mm. Uji tembak dilakukan dengan posisi Medium Tank Harimau statis dan target tembakan statis berjarak 1.250 meter berukuran 4x4 meter. Uji tembak ini menggunakan jenis peluru HEP-T (High Explosive Plastic Tracer) dan peluru TPCSDS-T (Target Practice Cone Stabilized Discarding Sabot with Tracer).

Sesi pertama merupakan uji visual turret 105 mm untuk memastikan integrasi dan konfigurasi pada desain terbaru Medium Tank Harimau sudah memenuhi persyaratan dan spesifikasi. Pengujian dilakukan dengan memeriksa prinsip kerja, laras, alat bidik, fitur, gerakan hingga tombol-tombol sudah berfungsi dengan baik.

Sesi kedua merupakan uji tembak turret dengan kanon 105 mm. Manager Mutu Industrial 2 PT Pindad (Persero), Suparno bertindak sebagai Kepala Pelaksana Kegiatan Uji Tembak memberikan aba-aba penembakan Medium Tank Harimau. Pengujian tembak diawali dengan menembak dengan posisi menghadap arah depan, lalu dilanjutkan dengan arah kanan, kiri dan diakhiri arah belakang. Masing-masing posisi tembak dilakukan pengujian dengan menggunakan peluru sebanyak 1 butir.

"Hasil uji tembak adalah Medium Tank Harimau sukses menembak tepat sasaran dengan turret tetap stabil dan seluruh fungsi turret berfungsi baik sesuai persyaratan," sebut Pindad dalam keterangan tertulis.

Setelah melaksanakan uji tembak, Medium Tank Harimau dengan desain dan konfigurasi terbaru melaksanakan berbagai uji daya gerak. Rangkaian uji yang dilaksanakan adalah uji percepatan dan uji perlambatan yang dilaksanakan pada ruas jalan tol km 125 Padalarang - Bandung. Kemudian, dilanjutkan dengan uji balok sejajar, uji embarkasi, uji tanggul dan uji insani yang dilaksanakan di PT Pindad (Persero), Bandung.



Simak Video "Detik-detik Pasukan Ukraina Hancurkan Tank Tempur Tercanggih Rusia"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)