ADVERTISEMENT

Mantul! Bus Listrik Transjakarta Besutan Mayasari Bakti Siap Diluncurkan

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 26 Jan 2022 20:47 WIB
Bus listrik Transjakarta yang disewa dari PO Mayasari Bakti
Foto: Instagram @pt_mayasaribaktigroup. Bus listrik Transjakarta yang disewa dari PO Mayasari Bakti.
Jakarta -

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan segera mengoperasikan bus listrik hasil kerja sama dengan beberapa Perusahaan Otobus (PO). Salah satu PO yang siap menyuplai bus listrik Transjakarta adalah Mayasari Bakti.

Seperti dilihat detikOto dalam unggahan akun Instagram @pt_mayasaribaktigroup, Rabu (26/1/2022), diperlihatkan deretan bus listrik yang akan dipakai oleh Transjakarta. Bus-bus itu berwarna orange dan tampak sudah ditempeli stiker Transjakarta.

"Persiapan Launching Bus Listrik," tulis caption unggahan tersebut.

Apakah bus listrik Transjakarta yang dioperatori oleh Mayasari Bakti akan diluncurkan dalam waktu dekat ini? Dikatakan Direktur PT Mayasari Bakti Akhmad Zulkifli, persiapan memang terus dilakukan Mayasari Bakti sebelum mengoperasikan bus listrik tersebut. Namun untuk jadwal peluncurannya, Zulkifli belum bisa menjawab pasti.

"Itu bus memang sedang dirapikan saja, sama dipasangi stiker. Terkait pengoperasian sedang disiapkan segala sesuatunya. (Untuk peluncurannya) nanti diinfokan lebih lanjut, mas," kata Zulkifli kepada detikOto, Rabu (26/1/2022).

Sebagai informasi, bus listrik PO Mayasari Bakti yang akan beroperasi dalam layanan Transjakarta merupakan bus listrik asal China, BYD, dengan tipe K9.

Bus listrik BYD K9 tersebut menggunakan model bus listrik lantai rendah berbasis baterai dengan panjang maksimal 13.500 mm dengan jumlah berat yang diperbolehkan (GVW) maksimal 18.000 kg.

Selain itu, bus ini dipersenjatai baterai berkapasitas minimal 320 Kwh atau kapasitas yang direkomendasikan oleh APM untuk dapat beroperasi minimal 200 km/hari selama masa garansi minimal 8 (delapan) tahun.

Menurut Zulkifli, bus listrik Mayasari Bakti menjalin kontrak selama 10 tahun dengan Transjakarta. Rencananya, Mayasari Bakti menyediakan 30 unit bus listrik BYD untuk perusahaan transportasi bus kota milik Pemprov DKI Jakarta itu.

Simak juga Video: Sempat Laku Keras, Kok Produksi Skuter Listrik Ola Malah Setop?

[Gambas:Video 20detik]



(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT