ADVERTISEMENT

Ingat, Ya! Tahun Baru Jalur Puncak Ditutup Mulai Pukul 18.00

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 30 Des 2021 06:08 WIB
Jalur puncak Bogor masih sepi jelang Nataru
Jalur Puncak akan ditutup pada malam pergantian tahun. Foto: M Solihin
Jakarta -

Pada malam pergantian tahun, jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat ditutup. Arus lalu lintas yang menuju Cianjur dialihkan.

Informasi yang disampaikan TMC Polres Bogor menyebutkan, jalur Puncak ditutup pada 31 Desember 2021 mulai pukul 18.00 WIB. Penutupan jalur Puncak tersebut berlaku sampai dengan 1 Januari 2022 pukul 06.00 WIB.

Adapun lalu lintas arah Cianjur akan dialihkan via Sukabumi dan Jonggol.

[Gambas:Instagram]



TMC Polres Bogor juga mengatakan, jalur wisata Puncak diberlakukan ganjil genap. Ganjil genap di Puncak berlaku selama Operasi Lilin Lodaya 2021 dari tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022,

[Gambas:Instagram]




Syarat Perjalanan Tahun Baru 2022

Sementara itu, Pemerintah menerapkan beberapa aturan perjalanan baru di dalam negeri di periode Natal dan tahun baru 2022. Aturan perjalanan darat untuk periode Natal dan Tahun baru tertuang dalam Surat Edaran No. SE 109 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 pada Masa Pandemi COVID-19.

Aturan tersebut berlaku untuk mempersiapkan arus mobilitas orang selama Natal dan tahun baru. Aturan ini berlaku 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Dalam SE 109 Tahun 2021 disebutkan, setiap pelaku perjalanan wajib memenuhi persyaratan berupa kartu vaksin lengkap (vaksinasi dosis kedua), hasil negatif Rapid Test Antigen paling lambat 1 x 24 jam sebelum keberangkatan serta menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Pelaku perjalanan jarak jauh usia di bawah 12 tahun diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan dan dikecualikan syarat kartu vaksinasi.

Dalam rangka pengendalian pergerakan perjalanan orang dengan kendaraan bermotor perseorangan, dapat dilakukan pengaturan lalu lintas oleh Polri berdasarkan situasi dan kondisi lalu lintas di jalan tol maupun di jalan non tol. Selama libur Nataru, bisa dilakukan penerapan manajemen operasional lalu lintas berupa penerapan contra flow, satu arah (oneway), dan/atau ganjil genap.



Simak Video "Pohon Besar Tumbang Tutup Jalan, Jalur Puncak-Cianjur Macet Parah!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT