Belum Semuanya Kembali, Ini Prediksi Puncak Arus Balik Natal-Tahun Baru

Tim detikcom - detikOto
Senin, 27 Des 2021 07:34 WIB
Sejumlah kendaran melintas di jalan tol layang MBZ dan Jakarta- Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/12/2021). PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 505.337 kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek saat libur Natal dan tahun baru 2022 atau meningkat 8,9 persen dari hari biasa. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/wsj.
Kondiis lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek saat libur Natal. Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Arus balik libur Natal 2021 dinilai masih landai. Korlantas Polri memprediksi puncak arus balik terjadi setelah Tahun Baru 2022 nanti.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan yang memantau arus balik lalu lintas libur Natal dalam Operasi Lilin 2021 mengatakan, situasi arus balik libur Natal masih landai. Menurutnya, situasi lalu lintas di ruas tol maupun arteri dari Cirebon hingga Semarang tak ada peningkatan signifikan.

"Sesuai dengan prediksi, arus balik untuk libur Natal kami lihat mulai dari Cirebon sampai Semarang, bahkan sebaliknya hingga ke Jakarta, situasi arus lalu lintas masih landai," ujar Aan di situs Korlantas Polri.

Aan mengatakan, tidak ada temuan kasus kecelakaan yang menonjol. Kata dia, beberapa kasus kecelakaan terjadi di luar tol di sejumlah daerah dengan korban yang tidak signifikan.

"Alhamdulillah secara umum untuk di Indonesia, pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) terutama libur Natal tahun ini di samping arus lalu lintas lancar, kejadian kecelakaan juga Alhamdulillah masih bisa ditangani," katanya.

Aan memprediksi puncak arus balik terjadi setelah Tahun Baru. Pihaknya bersiap menyambut puncak arus balik usai Tahun Baru 2022.

"Antisipasi arus balik kemungkinan setelah libur tahun baru berkisar tanggal 2 Januari 2022. Kita siap dengan antisipasi dengan hal terburuk serta skema rekayasa lalin yang sudah kita siapkan kita terapkan," ujarnya.

Saat ini, Korlantas Polri menggelar Operasi Lilin untuk mengamankan libur Natal dan Tahun Baru. Operasi Lilin bakal dilakukan hingga 2 Januari 2022.

Sementara itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 1.422.094 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek pada 17-25 Desember 2021. Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung). Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 5,0% jika dibandingkan lalin normal periode November 2021 dengan total 1.354.453 kendaraan.



Simak Video "Ingat! Mulai Besok Mobil Barang Dialihkan ke Jalan Arteri"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)