ADVERTISEMENT

Spek Angkot AC di Jakarta: Muat 11 Orang, Ada CCTV dan Pintu Otomatis

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Senin, 27 Des 2021 12:04 WIB
Angkot AC Suzuki Carry
Angkot AC Suzuki Carry. Foto: Dok. Suzuki.
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengoperasikan angkot yang bikin nyaman dalam layanan Mikrotrans ber-AC. Dengan adanya angkot AC ini, penumpang tak perlu keringatan lagi untuk naik angkot.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta sedang merencanakan adanya penambahan layanan Mikrotrans ber-AC dan terintegrasi Jaklingko. Dishub DKI Jakarta membocorkan keunggulan dari angkot AC ini. Apa saja?

Yang pertama soal kapasitasnya. Mikrotrans ber-AC ini bisa memuat 9-11 orang penumpang. Lebih aman, Mikrotrans AC ini punya sabuk pengaman.

Keamanan juga ditunjang dengan adanya CCTV. Mikrotrans ber-AC akan dilengkapi dengan 4 CCTV di dalam armadanya.

"Pemberikan CCTV ini diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada penumpang dan pengemudi dalam menggunakan mikrotrans ber-AC ini," tulis Dishub di Instagram.

Ketiga, Mikrotrans ber-AC juga dilengkapi dengan layar monitor. Layar monitor tersebut menampilkan citra visual dari CCTV serta memantau rute dan promosi.

Mikrotrans ber-AC ini memiliki pintu penumpang otomatis. Hal ini akan memudahkan penumpang naik/turun kendaraan.

Di dalam kabinnya akan tersedia palu pemecah kaca yang dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Juga untuk memudahkan penumpang, mikrotrans ber-AC akan memiliki running text yang menampilkan rute. Running text terdapat di depan, samping kiri dan belakang armada.

Dishub DKI Jakarta untuk saat ini merencanakan akan ada empat rute yang dilewati oleh Mikrotrans ber-AC. Salah satunya adalah Jak 10 A yang melayani penumpang dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Cikini.

Mikrotrans Jak 10A ini punya 15 armada dan dalam pelayanannya menempuh jarak sekitar 11,2 km. Dishub DKI Jakarta menyebutkan dalam trip perginya Jak 10 A ini melintasi Stasiun Gondangdia sisi selatan, Jl. Johar, Jl. K.H. Wahid Hasyim, Jl. Agus Salim (Sabang), Jl. Kebon Sirih, Tugu Tani, Jl. Menteng Raya, Jl. Cikini Raya, Jl. Pegangsaan Timur, Jl. Pangeran Diponegoro, Jl. Salemba Raya, Hl. Raden Saleh Raya, Jl. Cikini Raya, Jl. Pegangsaan Timur, hingga Stasiun Cikini.

Sedangkan untuk trip pulangnya, Jak 10A melintasi Stasiun Cikini, Jl. Pegangsaan Barat, Jl. Cilacap, Jl. Tengku Cik Ditiro, Jl. R.P Soeroso, Jl. Cut Mutia, Jl. Dr. GSSJ Ratulangi, hingga ke Stasiun Gondangdia sisi selatan.



Simak Video "Angkot Ber-AC di DKI Siap Mengaspal, Dilengkapi CCTV-Pintu Otomatis"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT