ADVERTISEMENT

Anti Keringatan! Pemprov DKI Jakarta Punya Angkot Full AC

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Jumat, 17 Des 2021 09:02 WIB
Seorang warga menaiki mobil angkot Jak Lingko dengan nomor Jak 10 di kawasan sky bridge Tanah Abang,  Jakarta Pusat,  Jumat (12/7). Program Jak Lingko angkutan kota Jenis Mikrotrans ber AC yang dicanangkan oleh Pemda Prov DKI Jakarta dengan pengusaha angkutan kota, merupakan terobosan yang perlu diapresiasi. Saat ini angkot Jak Lingko yang memiliki AC tersebut baru memiliki 5 armada dan melayani rute Tanah Abang-Kota.
Wujud Mikrotrans alias angkot ber-AC Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyediakan beberapa opsi angkutan umum yang aman dan juga nyaman. Salah satu yang tentunya dapat mencegah penumpang dari 'keringatan' di siang hari adalah Mikrotrans ber-AC.

Diberitakan oleh detikcom sebelumnya, Mikotrans termasuk dalam kategori bus kecil berbasis jalan darat yang berfungsi sebagai pengumpan untuk bus Transjakarta maupun transportasi umum lainnya.

Dinas Peruhubungan DKI Jakarta mengatakan, saat ini mereka tengah merencanakan adanya layanan Mikrotrans ber-AC dan terintegrasi oleh Jaklingko.

"Layanan Mikrotrans ber-AC dan terintegrasi Jaklingko merupakan upaya Pemprov. DKI Jakarta dalam memberikan kemudahan akses layanan transportasi publik dengan prasarana dan sarana yang nyaman, aman dan handal bagi masyarakat DKI Jakarta," tulis Dishub DKI Jakarta di konten Instagram yang mereka unggah pada Kamis (16/12/21) lalu.

Dishub DKI Jakarta untuk saat ini merencanakan akan ada empat rute yang dilewati oleh Mikrotrans ber-AC. Salah satunya adalah Jak 10 A yang melayani penumpang dari Stasiun Gondangdia ke Stasiun Cikini.

Mikrotrans Jak 10A ini punya 15 armada dan dalam pelayanannya menempuh jarak sekitar 11,2 km. Dishub DKI Jakarta menyebutkan dalam trip perginya Jak 10 A ini melintasi Stasiun Gondangdia sisi selatan, Jl. Johar, Jl. K.H. Wahid Hasyim, Jl. Agus Salim (Sabang), Jl. Kebon Sirih, Tugu Tani, Jl. Menteng Raya, Jl. Cikini Raya, Jl. Pegangsaan Timur, Jl. Pangeran Diponegoro, Jl. Salemba Raya, Hl. Raden Saleh Raya, Jl. Cikini Raya, Jl. Pegangsaan Timur, hingga Stasiun Cikini.

Sedangkan untuk trip pulangnya, Jak 10A melintasi Stasiun Cikini, Jl. Pegangsaan Barat, Jl. Cilacap, Jl. Tengku Cik Ditiro, Jl. R.P Soeroso, Jl. Cut Mutia, Jl. Dr. GSSJ Ratulangi, hingga ke Stasiun Gondangdia sisi selatan.

Program angkot AC ini merupakan kolaborasi JakLingko dengan Suzuki Indonesia. Mereka mencari inovasi serta solusi agar dapat menarik kembali minat pengguna angkutan umum di wilayah DKI Jakarta.

"Program Angkot AC ini adalah lanjutan dan merupakan upgrade dari program angkot regular JakLingko saat ini. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan program angkot AC agar meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, karena didukung teknologi yang lebih mutakhir seperti AC double-blower, GPS, LED Trayek, dan CCTV. Program ini marupakan salah satu bagian dari program integrasi transportasi di Jakarta," kata Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan tertulis yang detikOto terima pada awal Juni 2021 silam.



Simak Video "Angkot Ber-AC di DKI Siap Mengaspal, Dilengkapi CCTV-Pintu Otomatis"
[Gambas:Video 20detik]
(mhg/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT