ADVERTISEMENT

Road Trip Mandalika

MotoGP 2022 Bakal Digelar di Mandalika 2022, Menparekraf Dukung Penuh

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 24 Des 2021 07:54 WIB
Toyota Cross Hybrid di Mandalika Lombok
Road Trip Mandalika Jakarta-Lombok Foto: Rachman/detikFoto
Jakarta -

World Superbike sudah berhasil diselenggarakan di sirkuit Mandalika Lombok NTB pada November lalu. Berikutnya pada Maret 2022, sirkuit terbaru kebanggaan Indonesia itu bakal masuk dalam kalender MotoGP 2022. Kementerian Pariwisata dan Ekomoni Kreatif pun pastikan akan ikut menyemarakan pergelaran MotoGP di Indonesia.

Berbagai dukungan Kemenparekraf agar terselenggaranya MotGP 2022 di Indonesia bakal dilakukan, seperti yang disampaikan Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

"Dalam rapat kabinet belum lama ini Bapak Presiden Jokowi memastikan Kemenparekraf ikut menghadirkan UMKM khususnya untuk sektor ekonomi kreatif dari 34 provinsi pada event MotoGP Mandalika tahun depan 2022," ujar Sandiaga.

"Kemenparekraf fokus pada fasilitas akomodasi hotel maupun homestay yang dikelola oleh masyarakat sekitar Mandalika," Sandiaga menambahkan.

Sandiaga juga menjelaskan pada penyelenggaraan WSBK di Mandalika Lombok pada November 2021 kemarin, tingkat hunian kamar hotel di Mandalika naik 100 persen, dan pada 2022 Kemenparekraf akan bantu untuk lebih memperbanyak hunian hotel.

Toyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021Toyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021 Foto: Rachman_punyaFOTO

"Pada ajang balap WSBK bulan November yang lalu tingkat hunian kamar hotel di Lombok mencapai 100 persen. Untuk ajang lebih besar pada MotoGP kebutuhan akomodasi hotel dan homestay akan lebih besar dan perlu diantisipasi," ucap Sandiaga.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Sandiaga Uno juga mengatakan tidak hanya Mandalika daerah yang cocok untuk road trip, karena ada beberapa daerah lainnya yang dinilai bakal asyik dikunjungi.

"Secara umum infrastruktur sudah memenuhi. Misalnya, dari sisi jalan sekarang jalur Pulau Jawa sudah terhubung oleh jalan toll. Juga sebagian Sumatera. Perjalanan roadtrip menjadi nyaman dan mudah," kata Sandiaga.

"Destinasi wisata seperti 5 destinasi super prioritas (DSP) Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang sangat memadai untuk road trip. Masyarakat Jabodetabek suka road trip ke Borobudur dengan menggunakan jalan toll yang relatif aman dan nyaman," Sandiaga menambahkan.

Toyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021Toyota Cross Hybrid Road Trip Jakarta Mandalika 2021 Foto: Rachman_punyaFOTO


Simak Video "Road Trip Jadi Pilihan di Masa Pandemi, Begini Kata Sandiaga Uno"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT