Bus AKAP Rasa Alphard, Sensasi Naik Super Top PO Rosalia Indah

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 04 Nov 2021 07:10 WIB
Jakarta -

Selain First Class Double Decker, kelas penumpang lain yang wajib dicoba di PO Rosalia Indah adalah kelas Super Top. Kelas Super Top PO Rosalia Indah ini menawarkan sensasi premium, terutama di baris single seat-nya. Duduk di kursi tersebut tak ubahnya seperti duduk di MPV mewah sekelas Toyota Alphard.

detikOto berkesempatan mencoba kelas Super Top PO Rosalia Indah pada 30 Oktober 2021 lalu. Bus yang kami tumpangi memakai sasis Mercedes-Benz OH 1626, yang dibalut bodi Adiputro Jetbus 3+ MHD. Bus ini bertipe medium dan memiliki tinggi di antara bus HD dan SHD.

Perjalanan kami tempuh dari Kota Solo menuju Kota Bekasi. Start sekitar pukul 08.50 WIB dan sampai kota tujuan pukul 16.39 WIB. Sama seperti bus-bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) Rosalia Indah lainnya, armada Super Top ini juga melakukan perjalanan full tol Trans Jawa.

Seperti apa pengalaman kami naik bus Super Top PO Rosalia Indah? Berikut ulasannya dari berbagai sisi:

Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia IndahPengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

1. Fasilitas dan Fitur

Super Top berada satu level di bawah kelas Double Decker. Kelas Super Top memiliki konfigurasi kursi 2-1 dengan dimensi jok yang cukup besar, sehingga sangat nyaman untuk penumpang. Joknya cukup empuk, tersedia hand rest di kedua sisi, bisa reclining, memiliki foot rest, dan juga leg rest.

Foot rest pada kelas ini bisa membuat kaki penumpang selonjoran secara rata. Tinggal miringkan kursi dengan lebih rebah, maka jok kelas Super Top ini tidak ubahnya seperti kursi sleeper class. Oiya, bagian foot rest juga bisa dibuka dan memiliki kompartemen untuk penyimpanan alas kaki.

Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia IndahPengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

detikOto sendiri mendapat kursi nomor 1A yang merupakan hot seat, sehingga duduk di sini nuansanya mirip-mirip seperti di kursi Toyota Alphard karena kita mendapatkan privasi lebih dengan model captain seat-nya. Jika saja ada fasilitas layar AVOD (Audio Video On Demand) tentu lebih mengasyikkan.

Di kelas Super Top, penumpang akan mendapatkan fasilitas bantal, selimut (opsional), cup holder yang cukup banyak, colokan USB, dan tentunya fasilitas toilet umum yang letaknya di tengah bus dan hanya bisa digunakan saat bus berjalan dan hanya boleh untuk buang air kecil saja.

Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia IndahService makan kelas Super Top PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

2. Service Makan

Dengan harga tiket Rp 315 ribu, penumpang mendapatkan service makan sebanyak 1 kali di rest area Subang. Service makannya sendiri memakai model prasmanan, jadi bisa mengambil nasi sesuai kebutuhan. Lauknya ada ayam goreng dan soto. Sementara minumnya, disediakan teh atau es teh.

Oiya, karena perjalanan dari Solo sampai rest area Subang cukup jauh, penumpang mendapatkan snack ringan untuk sekadar mengganjal perut. Di awal perjalanan, pramugari akan membagikan sekantung snack yang terdiri dari air mineral, lontong, dan roti.

Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia IndahPengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

3. Tingkat Kenyamanan

Bicara soal kenyamanan, kelas Super Top ini cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Kursinya terbuat dari material kulit, busanya empuk dengan bentuk jok yang seolah 'memeluk' tubuh penumpang dari bagian sandaran punggung hingga kepala. Aksen panel kayu di bagian hand rest kursi ini turut menambah kesan mewahnya. Guncangan bus ini juga tidak terlalu terasa, suspensinya empuk, suara mesinnya halus, dengan kabin yang cukup kedap.

Bicara soal kekurangan, armada Super Top ini masih menggunakan model kaca double glass yang cukup mengganggu pemandangan penumpang di kursi baris depan. Ini memang selera, tapi kami sendiri lebih suka bus single glass yang menawarkan pemandangan lebih luas. Selain itu, model selendang ala Voyager pada bus ini juga membuat kaca samping cukup tertutup, sehingga pemandangan penumpang ke arah ini juga tidak bisa leluasa.

Hal lain yang juga menjadi catatan kami adalah toilet pada bus ini cukup sempit. Dengan profil tinggi badan 165 cm dan berat 78 kg, kami cukup kesulitan saat ingin menggunakan fasilitas ini. Selain itu, akses untuk menuju toilet ini juga cukup sulit karena ruang untuk berjalannya sangat sempit imbas desain jok yang sangat besar.

Pengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia IndahPengalaman naik kelas Super Top PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto
(lua/din)