Mirip di Pesawat, PO Rosalia Indah Punya Layanan Pramugari, Ini Tugasnya

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 02 Nov 2021 15:49 WIB
Pramugari PO Rosalia Indah
Mirip di pesawat, PO Rosalia Indah punya pelayanan pramugari. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Pelayanan pramugari biasanya ada di angkutan penumpang kelas premium seperti pesawat terbang atau kereta api. Tapi beberapa tahun belakangan ini, pramugari juga mulai ada di bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), salah satu yang menggunakan adalah PO Rosalia Indah.

Seperti diungkapkan Direktur PT Rosalia Indah Transport FX. Adimas Rosdian Bbuscom, sebelum tahun 2012, PO Rosalia Indah pernah mengembangkan sistem pramugari dan pramugara ini sebanyak dua kali. Tapi proses pengembangan itu tidak berjalan dan akhirnya bubar.

"Semenjak saya masuk (PO Rosalia Indah) di 2012, saya melakukan trial beberapa kali. Dan yang ada saat ini merupakan percobaan yang ketiga kalinya," ujar Adimas, di Kantor Pusat Rosalia Indah, Palur, Karanganyar (29/10).

Layanan pramugari di PO Rosalia IndahPramugari di PO Rosalia Indah memberikan cairan hand sanitizer kepada penumpang Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Dijelaskan Adimas, yang membuat program pramugari dan pramugara ini berjalan dengan baik, salah satunya karena armada busnya sudah menunjang.

"Karena pramugari dan pramugara ini akan senang bekerja di tempat yang menunjang kinerjanya. Kita sudah memiliki armada premium, seperti double decker, dan bus premium lainnya. Sehingga mereka akan betah bekerja di sini," terang Adimas.

Di samping mendapatkan armada premium, para pramugari dan pramugara juga disediakan fasilitas terbaik dan nyaman. "Di pool tujuan itu mereka kita sediakan mess (tempat istirahat) yang betul-betul nyaman. Jadi perusahaan harus berani menjamin, karena mereka ini kan hidupnya di jalan," ujarnya.

Menurut Adimas, layanan pramugari dan pramugara menjadi salah satu daya tarik bagi calon penumpang PO Rosalia Indah. "Karena mereka memberikan pelayanan yang premium, orangnya juga baik-baik, mereka juga rajin memberikan pengumuman, jadi penumpang itu senang. Harapan saya semoga ini bisa jalan terus, karena periode (pramugari-pramugara) yang saya bentuk ini sudah jadi," sambung Adimas.

Layanan pramugari di PO Rosalia IndahPramugari PO Rosalia Indah menata bantal sebelum bus diberangkatkan Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Untuk sementara ini pelayanan pramugari dan pramugara PO Rosalia Indah hanya ada di armada premium, seperti kelas Executive Plus, Super Top, dan Double Decker. "Kalau di armada non-premium, itu kita pakainya Askap (Asisten Kapten). Jadi mereka lebih ke ngabehi (semua) tugasnya. Tapi kalau di armada premium, pramugari dan pramugara ini fokus ke layanan penumpang," bilang Adimas.

Di sisi lain, pelayanan pramugari dan pramugara ini juga untuk menghilangkan kesan menakutkan bus AKAPyang dulu kental dengan nuansa calo bus atau tindak kriminal di dalam bus.

"Bus itu kan lekat dengan image calo, kriminal di jalan, armada yang nggak nyaman. Ya itu kan citra yang dulu. Tapi kalau citra (bus AKAP) sekarang ya ini, punya pramugari dan pramugara seperti di pesawat. Jadi penumpang punya banyak pilihan," tambah Adimas.

Beberapa tugas pramugari dan pramugara di bus-bus premium PO Rosalia Indah antara lain, menyambut penumpang, membantu penumpang menaruh barang di bagasi, membagikan snack dan selimut, serta memberikan pengumuman saat tiba di rest area atau daerah tujuan penumpang.

"Untuk makan tetap di restoran, karena apa? Pertama, bus ini kan kabinnya kecil dan medan jalannya bervariasi. Kalau di pesawat kan agak tenang tuh. Kemudian di kereta, jalannya tenang dan juga ruangnya agak lega. Dulu kita pernah berpikir bagaimana pramugari bus bisa menyajikan makanan untuk penumpang di dalam bus, tapi saya berpikir nanti justru akan bikin kotor kabin bus," kata anak pendiri PO Rosalia Indah, Yustinus Soeroso, itu.

"Pramugari dan pramugara yang masuk ke sini juga tidak 'polosan'. Mereka memiliki background pelayanan dulu, jadi masuk sini tinggal kita beri latihan lagi, sehingga mereka siap kerja. Jadi kalau ditanya, bedanya apa pramugari-pramugara bus sama di kereta dan pesawat? Jawabannya ya sama. Di bus Rosalia Indah harus cantik juga, harus grooming juga, rambut ditata, seragam harus ditata, seperti itu," bilang Adimas.

(lua/rgr)