Bukan Buat Gaya-gayaan, Ini Alasan PO Rosalia Indah Punya Double Decker Banyak

ADVERTISEMENT

Bukan Buat Gaya-gayaan, Ini Alasan PO Rosalia Indah Punya Double Decker Banyak

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 02 Nov 2021 07:56 WIB
Armada bus PO Rosalia Indah di Kantor Pusat, Palur, Karanganyar
Bukan buat gaya-gayaan, ini alasan PO Rosalia Indah borong bus double decker. Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

PO Rosalia Indah memiliki armada bus double decker yang sangat banyak dengan jumlah mencapai 21 unit. Banyaknya armada bus tingkat itu membuat PO Rosalia Indah diganjar rekor MURI dan mendapat julukan Sultan Palur dari para bus mania dan netizen. Tapi di sisi lain, banyaknya armada double decker Perusahaan Otobus ini diklaim bukan untuk gaya-gayaan atau pamer kekuatan. Lalu apa alasannya ya?

Dijelaskan Direktur PT Rosalia Indah Transport FX. Adimas Rosdian Bbuscom, Rosalia Indah memang bukan PO yang pertama kali mengoperasikan armada double decker untuk angkutan AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) di Pulau Jawa. Saat bus tingkat mulai populer untuk bus AKAP, PO Rosalia Indah memilih menahan diri dan tidak ikut-ikutan tren.

"Rosalia memang bukan pemilik bus double decker pertama (di Jawa). Saya diskusi terus sama pak Soeroso (pendiri PO Rosalia Indah), tapi beliau memang belum ingin mengeluarkan, karena menunggu infrastruktur penunjang. Dulu kan belum ada jalan tol (Trans Jawa). Ya, bisa dibilang Rosalia cukup bersabar merilis double decker lah, karena saat itu PO lain sudah ada yang punya," kata Adimas, di Kantor Pusat Rosalia Indah, Palur, Karanganyar (29/10).

Pengalaman naik sleeper class PO Rosalia IndahArmada bus double decker PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Setelah infrastruktur tol benar-benar tersambung dari ujung barat hingga ujung timur Pulau Jawa, PO Rosalia Indah baru bergerak membeli armada double decker. Dan kebetulan cukup banyak pelanggan setia mereka yang ingin PO ini menghadirkan bus tingkat agar tidak ketinggalan dengan PO-PO lainnya.

"Setelah peresmian tol Trans Jawa, pak Soeroso langsung survei bersama saya. Dan beliau berkata 'oke, kita siap'. Karena infrastruktur tol di Jawa sangat siap dan terminal-terminal juga sudah lebih baik, tahun 2019 itu Rosalia langsung mengadakan 10 unit double decker. Dari situ, ternyata customer sangat luar biasa, okupansinya sangat luar biasa, sehingga nambah lagi dan sekarang menjadi 21 unit double decker," sambung Adimas.

Banyaknya jumlah bus double decker yang dimiliki PO Rosalia Indah membuatnya diganjar rekor MURI. Baru-baru ini, PO Rosalia Indah menerima piagam penghargaan dari MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai 'Perusahaan Otobus AKAP yang Memiliki Armada Double Decker Terbanyak, dengan Pelayanan Pramugara-Pramugari'.

Armada bus double decker PO Rosalia IndahArmada bus double decker PO Rosalia Indah Foto: Luthfi Anshori/detikOto

"Itu juga saya nggak nyangka, karena ternyata Rosalia punya double decker terbanyak di Indonesia. Saya pikir ada PO lain yang punya lebih banyak. Jadi ini luar biasa lah," tambah Adimas.

Bicara pilihan bodi dan sasisnya, PO Rosalia Indah sebagian besar menggunakan bodi Adiputro Jetbus 3+ SDD dan ada 2 unit bodi Laksana Legacy SR2 DD. Sementara sasisnya mayoritas Scania K410 dan 5 unit sasis Volvo B11R.

(lua/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT