Pelayanan Bayar Pajak Kendaraan Online Kini Bisa Diakses Kembali di PlayStore!

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 28 Okt 2021 08:56 WIB
Aplikasi Samsat Online Nasional untuk Bayar Pajak Kendaraan
Ilustrasi pembayaran pajak kendaraan online Foto: Ridwan Arifin
Jakarta -

Pelayanan pembayaran pajak online melalui Signal (Samsat Digital Nasional) di 28 Provinsi di Indonesia akhirnya kembali bisa diakses melalui aplikasi PlayStore atau Android, setelah kemarin diumumkan Signal menghilang dari PlayStore.

Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, Kasubdit STNK Kbp. M Taslim Chairuddin menyampaikan menindak lanjuti press release yang kemarin disampaikan 'Signal menghilang dari playstore', Kepolisian Republik Indonesia kembali menyampaikan progresnya.

"Kami sampaikan kepada masyarakat luas bahwa saat ini aplikasi Samsat Digital Nasional atau Signal telah kembali tayang di platform android atau di playstore," ujar Taslim.

Taslim menjelaskan, setelah kemarin menghilang, pihak Kepolisian Republik Indonesia segera melakukan koordinasi, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya alasan pihak google menghilangkan Signal di Playstore, bahwa aplikasi Signal perlu dilakukan verifikasi karena hanya dalam tempo 4 bulan sudah diunduh lebih dari 140 ribu orang, sementara aplikasi itu terhubung dengan instansi pemerintah (Polri, Bapenda dan Dukcapil).

"Secara lisan sudah kami jelaskan bahwa memang aplikasi Signal dibangun polri dengan bekerjasama atau menggandeng pihak swasta untuk mendukungnya, dan keterlibatan pihak swasta adalah sebuah keniscayaan untuk melakukan tugas-tugas yang tidak mampu dilakukan oleh instansi penyelenggara. Misalnya melibatkan perusahaan jasa switcher yang memiliki izin dari Bank Indonesia sebagai pengatur lalu lintas pembayaran," ucap Taslim.

"Melibatkan pihak perbankan / modern channel sebagai mitra penerima pembayaran atau pihak PT Pos sebagai mitra yang melayani jasa antaran," Taslim menambahkan.

Taslim juga mengatakan surat resmi juga sudah dilayangkan per hari kemarin ( 27 Oktober 2021), utk memberikan penjelasan secara resmi dan meminta untuk segera dapat ditayangkan kembali mengingat begitu pentingnya aplikasi ini dalam menyajikan pelayanan yang berkualitas dengan melakukan modernitas sebagai wujud transformasi bidang pelayanan.

"Alhamdulillah, pagi ini kita cek di Playstore Aplikasi Signal sudah kembali tayang dan dapat diunduh oleh masyarakat. Demikian penjelasan saya, sekali kami menyampaikan permohonan maaf kepada masy luas atas ketidak nyamanan ini," tutup Taslim



Simak Video "Tarif Perpanjang STNK Pakai Samsat Digital Cuma Bayar Rp 10.000"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)