Makin Cepat Kayak Isi Bensin, Ngecas Baterai Mobil Listrik 3 Menit Dapat 100 Km

Ridwan Arifin - detikOto
Kamis, 30 Sep 2021 18:37 WIB
ABB Terra 360
ABB Terra 360 Foto: ABB
Jakarta -

Waktu pengecasan ulang daya jadi isu yang dikhawatirkan ketika beralih ke mobil listrik. ABB (ASEA Brown Boveri) membuat alat pengecasan mobil listrik yang tercepat, hanya dalam waktu kurang 3 menit bisa mendapatkan jarak 100 km. Diharapkan saat mengisi ulang daya baterai bisa semudah mengisi ulang tangki 'BBM'.

ABB merupakan perusahaan teknologi kelistrikan dan otomisasi yang bermarkas di Zurich, Swiss. Perusahaan ini baru saja meluncurkan inovatif Electric Vehicle (EV) Charger tercepat, Terra 360.

Dalam keterangan resminya, Terra 360 adalah pengisi daya modular yang secara bersamaan dapat mengisi hingga empat kendaraan sekaligus. Pengisi daya baru ini memiliki output maksimum 360 kW dan mampu mengisi penuh semua mobil listrik dalam 15 menit atau kurang.

"Pemerintah di seluruh dunia menulis kebijakan publik yang mendukung kendaraan listrik dan jaringan pengisian daya untuk memerangi perubahan iklim, permintaan infrastruktur pengisian EV, terutama stasiun pengisian yang cepat, nyaman, dan mudah dioperasikan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya," kata Frank Muehlon, Presiden Divisi E-mobilitas ABB.

"Terra 360, dengan opsi pengisian daya yang sesuai dengan berbagai kebutuhan, adalah kunci untuk memenuhi permintaan itu dan mempercepat adopsi e-mobilitas secara global," sambung dia.

Reuters menyebutkan bahwa Terra 360 ABB dapat mengirimkan muatan dengan jangkauan 100 km (62 mil) dalam waktu kurang dari tiga menit. Charger ini akan tersedia di Eropa pada akhir tahun. Sedangkan wilayah Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Asia Pasifik akan menyusul pada 2022.

ABB menolak memberikan kisaran harga untuk produk tersebut. Alat ini akan menyasar klien bisnis seperti stasiun pengisian bahan bakar, toko dan perusahaan daripada garasi pribadi.



Simak Video "Beredar Rumor Mobil Listrik Besutan Apple Akan Dirilis 2025"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)