Terpopuler Kemarin

Bagnaia Bingung Kenapa Marquez Terus Menyerangnya

Tim Detikcom - detikOto
Rabu, 15 Sep 2021 10:57 WIB
Marc Marquez of Spain, left, on his Honda gives a thumbs up to the winner of the race Francesco Bagnaia of Italy on his Ducati at the end of the Alcaniz Aragon Moto GP race at the MotorLand Aragon circuit, in Alcaniz, Spain Sunday, Sept. 12, 2021. (AP Photo/Jose Breton)
Francesco Bagnaia dan Marc Marquez usai duel panas di MotoGP Aragon (AP/Jose Breton)

Di Indonesia mobil-mobil dijual dengan posisi setir di sisi kanan dan berjalan di sebelah kiri. Tapi di banyak negara lain, kondisinya berkebalikan. Apa sih penyebab ada perbedaan posisi setir tersebut?

World Standards mencatat, sejarah penggunaan setir kanan dan berjalan di sisi kiri dipengaruhi oleh masa feodalisme Inggris. Kala itu, orang-orang masih membawa padang ke mana pun mereka pergi. Di masa itu, kebanyakan orang memegang pedangnya dengan tangan kanan. Makanya, mereka menggunakan sisi sebelah kiri jalan untuk berpergian.

Ada beberapa alasan kenapa para pejuang di masa feodalisme Inggris melaju di sisi kiri.

Mobil petugas melakukan penyemprotan disinfektan di jalan Sudirman, Senin (13/7/2020). Laporan terbaru menyebutkan penambahan kasus positif Corona di DKI Jakarta mengalami peningkatan. Terakhir, laporan kasus baru Corona di DKI pada 12 Juli sebanyak 404 kasus baru.Mobil di Indonesia pakai setir kanan dan jalan di sebelah kiri Foto: Ari Saputra

Pertama, para pejuang perang dapat dengan mudah menggunakan tangan kanan mereka untuk memegang pedang saat menyerang lawan yang mendekat.

Kedua, dengan berjalan di sebelah kiri, mereka bisa menghindari menabrak sarung pedang milik orang lain. Sarung pedang ini biasanya menggantung di sabuk dan ditempatkan di sisi kiri pinggang.

Ketiga, orang yang menggunakan tangan kanan lebih mudah naik kuda dari sebelah kiri. Mereka akan kesulitan naik kuda dari sebelah kanan jika sarung pedang berada di sebelah kirinya.

Negara yang menerapkan setir kanan dan lalu lintas sebelah kiri kebanyakan adalah koloni Inggris kuno. Namun, beberapa negara jajahan Inggris ada yang berubah haluan dengan menerapkan setir kiri. Salah satunya Amerika Serikat yang ingin melarikan diri dari akar Inggrisnya. Jadi, Amerika menerapkan setir kiri dan lalu lintas sebelah kanan sebagai gantinya.

A lone car drives down a disserted street in Wuhan on January 26, 2020, a city at the epicentre of a viral outbreak that has killed at least 56 people and infected nearly 2,000. - China on January 26 expanded drastic travel restrictions to contain the viral contagion, as the United States and France prepared to evacuate their citizens from the quarantined city at the outbreak's epicentre. (Photo by Hector RETAMAL / AFP)Di beberapa negara lain ada yang posisi setir di kiri dan jalan di sisi kanan Foto: Hector RETAMAL / AFP

Lalu kenapa Indonesia setirnya di sebelah kanan? Ini terkait dengan status Indonesia sebagai jajahan Belanda. Kebiasaan berpergian di sisi kiri jalan dibawa oleh Belanda saat datang pertama kali ke Indonesia pada 1596.

Meski pada awalnya menganut jalan di sisi kiri, kebiasaan ini kemudian berubah di Belanda. Hal itu dipengaruhi oleh Napoleon Bonaparte. Dia menerapkan aturan berpergian di sisi kanan jalan ketika ia menaklukkan negara-negara Eropa. Saat Napoleon menaklukkan Belanda, negara itu mulai menerapkan setir kiri dan lalu lintas sebelah kanan. Sampai saat ini Belanda menggunakan setir kiri dan menganut lalu lintas sebelah kanan.

Tapi, perubahan yang dilakukan Belanda tersebut tidak sampai terbawa ke sebagian besar negara jajahannya. Sebagian besar koloni Belanda mempertahankan setir kanan dan lalu lintas kiri, termasuk Indonesia dan Suriname.

[Halaman selanjutnya: Foto seksi saat Megan Fox kena tilang]



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]