Ada Proving Ground Terbesar, Mobil Ekspor Tak Perlu Uji Tipe di Luar Negeri

Tim detikcom - detikOto
Kamis, 09 Sep 2021 21:07 WIB
Jakarta -

Indonesia akan memiliki fasilitas pengujian kendaraan bermotor atau proving ground. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng pihak swasta menyiapkan Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi.

Dalam kunjungan kerja ke Jepang, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel dan Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi bertemu dengan sejumlah pihak dari Jepang. Adapun yang dibahas dalam pertemmuan tersebut antara lain soal pembangunan infrastruktur transportasi, salah satunya Proving Ground BPLJSKB Bekasi.

"Saya sangat mengapresiasi hubungan kerjasama Indonesia-Jepang selama ini, khususnya di bidang transportasi. Apalagi baru saja kita peringati 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang," kata Budi dalam keterangan tertulisnya.

Terkait proyek KPBU Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi, pihak Jepang memberikan respon dan antusiasme yang baik terhadap proyek ini. Hal Ini menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kapasitas untuk membangun fasilitas ini. Dengan adanya fasilitas ini, Indonesia nantinya bisa melakukan ekspor kendaraan tanpa melakukan uji tipe di luar negeri.

Pembangunan proving ground ini akan semakin melengkapi fasilitas yang sudah ada di Balai Pengujian ini di antaranya yaitu: fasilitas Uji Pengereman, Tes Speedometer, Uji Kebisingan, Uji Kemudi, Uji Kecelakaan, Uji Stabilitas, Kendaraan Bertenaga Listrik, dan Emisi CO2.

Selain itu, fasilitas pengujian proving ground nantinya akan dibangun mirip dengan kondisi jalan sebenarnya. Ada simulasi jalan rusak, jalan berlumpur, jalan tergenang air, high speed test track, cross wind test, dust tunnel, skid pad, uji tabrak, dan sebagainya.

Sejumlah keuntungan bagi Indonesia dengan dibangunnya proving ground ini di antaranya yaitu dapat meningkatkan daya saing pengujian kendaraan bermotor Indonesia dengan negara-negara ASEAN, sehingga dapat mendorong minat investasi asing untuk membangun industri otomotifnya di Indonesia. Selanjutnya, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pendapatan negara serta peningkatan ekspor otomotif yang dapat menunjang operasional pelabuhan seperti Pelabuhan Patimban.

Dari aspek keselamatan, pembangunan proving ground juga akan mendukung upaya peningkatan keselamatan lalu lintas jalan.



Simak Video "Kemenhub-TNI AD Gelar Vaksinasi Massal di Kabupten Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)